Pimpin Lat Pra Ops Aman Nusa II, Berikut Penekanan Wakapolda Babel

Laporan Baim,Ry

BABEL – Wakapolda Kep. Bangka Belitung Brigadir Jenderal Polisi Drs. Umardani, M.Si didampingi Irwasda dan Karo Ops Polda Kep. Bangka Belitung memimpin Pelatihan Pra Operasi Aman Nusa II Menumbing 2021 yang digelar di Gedung Tribrata Polda Kep. Bangka Belitung, Rabu (28/7/21).

Dalam Lat Pra Operasi Aman Nusa II ini dihadiri oleh sejumlah Pejabat Utama Polda serta personil Polda Kep. Babel yang terlibat dalam Operasi Aman Nusa II Menumbing 2021.

Wakapolda mengatakan Latihan Pra Operasi Aman Nusa II yang dilaksanakan Polda Babel ini dalam rangka upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di wilayah hukum Polda Kep. Bangka Belitung selama 1 Bulan kedepan. Terlebih, sesuai Instruksi Mendagri, ada beberapa wilayah di Bangka Belitung yang dinyatakan masuk PPKM Level 4 dan 4

“Yang mana kita ada level 4 dan 3. Ada 3 wilayah yang dinyatakan wilayahnya level 4 berdasarkan Instruksi Mendagri yakni Kabupaten Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur dan selebihnya ada 1 kota dan 3 Kabupaten level 2.”kata Brigjen Pol Umardani saat ditemui usai membuka Lat Pra Ops Aman Nusa II.

Lebih lanjut untuk wilayah yang dinyatakan PPKM level 3 dan 4, Wakapolda menerangkan pihaknya akan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait adanya beberapa kegiatan-kegiatan masyarakat yang dibatasi dan meminta kepada masyarakat agar bisa memaklumi dan memahami sehingga dapat menghindari terjadinya gesekan di masyarakat.

“Ini barang tentu masyarakat terganggu karena dibatasi kegiatannya karena apa tujuan adalah untuk mencegah menanggulangi untuk menekan laju pertumbuhan angka covid-19.”kata Wakapolda.

Wakapolda juga menyampaikan bahwa sebaran covid-19 di Babel saat ini masih sangat tinggi berdasarkan laporan yang terjadi dalam beberapa hari ini yang sebelumnya turun dari 200an dan naik menjadi 700an. Oleh sebab itu, dirinya mengungkapkan bahwa Operasi Aman Nusa II ini pihaknya akan fokus ke objek-objek yang menjadi kegiatan masyarakat sepeti pasar, terminal, pelabuhan, bandara dan tempat lain yang dinilai banyak pelanggaran Covid-19 oleh masyarakat.

Dengan adanya Operasi ini juga, Jenderal Bintang Satu ini berharap kedepan bisa menekan laju pertumbuhan Covid-19 sesuai harapan Kapolri.

“Yang level 4 ke 3 yang level 3 ke 2. Mudah-mudahan nantinya ada zona kuning dan bahkan ada hijau. Ini bisa kita lakukan manakala masyarakat mau mendukung masyarakat juga mau meningkatkan kesadaran melaksanakan Protokol Kesehatan.”harapnya.

Sementara itu, Pelatihan Pra Operasi Aman Nusa II Menumbing 2021 ini mengangkat tema melalui Pelatihan Pra Operasi Aman Nusa II Menumbing 2021 Kita Optimalkan Pelaksanaan PPKM dan Vaksinasi Guna Menekankan Penyebaran Covid-19 Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Sehat Dan Ekonomi Bangkit Di Provinsi Kep. Bangka Belitung.