SATGAS PELANTARA -IX SAIL NIAS 2019 KUNJUNGAN WISATA KE DESA BAWOMATALUO DI NIAS SELATAN

Laporan Jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, Nias Selatan, 12 September 2019 — Satuan Tugas (Satgas) Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) -IX Saka Bahari, Bela Negara dan Kapal Pemuda Nusantara yang dipimpin oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pelantara -IX Sail Nias 2019 Kolonel Marinir I Dewa Gede Wirawan, S.E., mengadakan wisata budaya di Desa Bawomataluo, Nias Selatan, Sumatera Utara, Kamis (12/9).

Desa Bawomataluo terletak di daerah perbukitan yang berjarak 12 kilometer dari Kota Teluk Dalam Ibukota Kabupaten Nias Selatan. Keunikan Desa Bawomataluo dapat dirasakan langsung oleh wisatawan ketika masuk ke desa ini, 88 tingkat anak tangga yang terbuat dari batu harus di lalui untuk memasuki desa ini.

Tujuan diadakannya wisata budaya ini adalah untuk membina generasi muda agar dapat lebih mengenal dan memahami kebudayaan yang dimiliki Negara Indonesia.

Ada banyak daya tarik yang dimiliki desa ini, mulai dari rumah adat tradisional yang berderet dan tersusun rapi dan di tengah perkampungan terdapat “Omo Sebua”atau Rumah Adat Besar yang sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Desa ini juga memiliki atraksi unik antara lain atraksi Lompat Batu dan Tari Perang.

Pada kesempatan ini juga turut dihadiri oleh Pangdam I Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI M.S. Fadhilah didampingi oleh Danlanal Nias Selatan Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian dan memberikan semangat moril kepada para peserta Satgas Pelantara-IX Sail Nias 2019.

“Kita bisa melihat kekayaan budaya di Negeri Indonesia seperti yang ada di Desa Bawomataluo ini oleh karena itu untuk kedepannya para peserta Pelantara-IX Sail Nias 2019 inilah yang akan membangun negeri ini dengan diawali kecintaan terhadap negeri ini”, ujar Pangdam I Bukit Barisan.

Dinas Penerangan