Ibu Yayuk Heru Kusmanto Dikukuhkan Sebagai Ibu Asuh Kowal Daerah II

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 17/10/19, Surabaya-Koarmada II. Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ibu Yayuk Heru Kusmanto dikukuhkan sebagai Ibu Asuh Kowal Daerah II menggantikan Ibu Dien Mintoro Yulianto. Pengukuhan tersebut dihelat dalam acara Pelepasan dan Pengukuhan Ibu Asuh Kowal Daerah II, bertempat di Lounge Majapahit, Markas Koarmada II, pada Rabu (15/10).

Acara ini mengiringi serah terima jabatan Panglima Koarmada II dari Laksda TNI Mintoro Yulianto kepada Laksda TNI Heru Kusmanto. Adapun arti dari Ibu Asuh Kowal Daerah II adalah Ibu Pelindung dan Pengasuh Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) yang berdinas di jajaran Daerah II.

Dalam kesempatan tersebut Pakor Kowal Wilayah Surabaya Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati menyampaikan bahwa sebagai Ibu Pelindung dan Pengasuh, Ibu Asuh Kowal memiliki wewenang untuk mengarahkan kinerja Kowal dalam melaksanakan tugas dan kewajiban mereka sebagai prajurit TNI AL secara profesional.

“ Namun sebagai Ibu, Ibu Asuh Kowal juga berhak memberikan asuhan dan bimbingan hingga teguran terhadap sikap keseharian anggota Kowal agar jangan sampai melanggar aturan dinas. Hal ini bertujuan demi kebaikan anggota Kowal sebagaimana motto mereka, yakni Pengabdian dan Kehormatan adalah Jiwaku “, terang Kolonel Tresna.

Acara Pelepasan dan Pengukuhan Ibu Asuh Kowal Daerah II ini ditandai dengan sebuah prosesi yang melibatkan tujuh Perwira Remaja Kowal AAL Angkatan 64. Dimana dengan mengenakan pakaian dari beberapa daerah di Indonesia, seperti Bali, Banyuwangi, Papua, Betawi, dan Kalimantan ini dengan membawa beberapa baki yg berisi buah Kelapa, Palawija, Lilin, serta hiasan Kembang Kelapa yang masing-masing melambangkan arti tentang peran seorang Ibu asuh bagi prajurit Kowal.

Dinas Penerangan Koarmada II