DANGUSKAMLA KOARMADA I TINJAU DSRV INDIA

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 6/11/19, Danguskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan, S.T., didampingi Atase Pertahanan Indonesia untuk India, Kolonel Laut (E) Asdi Yasin, Komandan KRI Usman Harun 259, Kolonel Laut (P) Himawan dan Perwira Latma Bilateral Disopslatal Mayor Laut (P) Oscar Johanes meninjau Fasilitas Penyelamatan Kapal Selam/Deep Submergence Rescue Vehicle (DSRV) di area Eastern Fleet Command India Navy, Visakapatnam, India, Senin (4/11).

Pada kesempatan tersebut Danguskamla Koarmada I beserta rombongan melaksanakan interaksi langsung dengan operator sistem yang menjelaskan tentang kecanggihan fasilitas penyelamatan kapal yang sampai dengan saat ini hanya dimiliki oleh Angkatan Laut Singapura dan India, serta teknologi yang dimiliki India yang merupakan produk terbaru program pengadaan tahun 2018-2019 dari Inggris.

Dalam penjelasannya disebutkan bahwa teknologi tersebut digunakan untuk pencarian kapal selam yang mengalami kerusakan, dan dilengkapi dengan side scan sonar, multy beam sonar serta ROV yang merupakan kendaraan bawah air untuk menjangkau dan mengevakuasi personel dari kapal selam. Fasilitas tersebut juga dilengkapi oleh chamber dekompresi termasuk fasilitas cleaning nubika.

Tidak hanya itu, fasilitas yang terinstal berupa modular teknologi dengan sejumlah kontainer yang berisi peralatan yang dapat diinstal dan diintegrasikan, serta mobilisasi peralatannya juga dapat menggunakan pesawat udara (pesud) dengan kapasitas angkut besar.

Mengakhiri lawatannya Danguskamla Koarmada I saling bertukar cendera mata dengan perwira Angkatan Laut India.

( Dispen AL).