Babinsa Koramil 25/Pahae Jae & PPL kecamatan Purbatua lakukan Pengubinan Dilahan Milik Poktan Anggiat Maju

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 19/11/19, TAPANULI UTARA – Sumatra utara, Hal yang sering dilakukan, setiap menjelang masa panen, sebagian Poktan atau petani biasanya melakukan pengubinan pada tanaman khususnya tanaman padi, jagung dan kedelai. Pengubinan ini dilakukan untuk mengetahui potensi hasil panen yang akan dicapai pada lahan yang dikelola Poktan atau petani.

Seperti halnya Babinsa Koramil 25/Pahae jae Serda A. Pulungan bersama Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Purbatua, Renol Sitompul, beserta anggota melaksanakan pengubinan tanaman padi siap panen di Desa Selamat, Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara, Selasa (19/11/2019).

Serda A. Pulungan, mengatakan, pengubinan ini berlangsung di lahan seluas 10.500 meter yang ditanami jenis padi unggul siap panen, milik M. Pangabean anggota Poktan Anggiat Maju Desa Selamat. Proses pengubinan tersebut dihadiri oleh Ketua Poktan Anggiat Maju, Jonah beserta anggota Poktan.

Serda A. Pulungan menambahkan, pengubinan pada tanaman padi siap panen dilakukan pada luas ubinan 2,5 meter x 2,5 meter dengan menggunakan empat bilah besi berukuran 2,5 meter.  “Selain itu disiapkan pula sabit, karung dan timbangan untuk menimbang hasil pengubinan,” tambahnya.

Pantauan di lapangan, dari pengubinan tersebut diperoleh hasil antara lain, jumlah anakan 17-21, panjang malai 25-26, jumlah bulir 168 -184, jumlah rumpun 12 x 13 = 156, dan berat ubinan 5,1 kilogram, tingkat produktivitas 6,8 ton per hektar.

Sementara menurut cordinator PPL setempat, bpk Renol Sitompul, untuk hasil pengubinan dengan produktivitas seperti itu kondisi tanamannya tergolong normal, meskipun ada serangan hama namun serangannya bersifat ringan. “Bila budidaya tanaman padi sesuai anjuran penyuluh pertanian, dengan penggunaan pupuk berimbang,  pengendalian hama dan penyakit secara terpadu maka akan mendapatkan hasil produksi yang optimal,” (tutup Renol Sitompul)