Koarmada III Gelar TGF Latihan Pengamanan Pelabuhan

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 26/11/19, Sorong – Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit, Komando Armada III menyelenggarakan Latihan Pengamanan Pelabuhan selama kurang lebih dua minggu. Latihan tersebut telah memasuki tahap Tactical Floor Game (TFG). Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., bertindak selaku Direktur Latihan tersebut.

Pelaksanaan TFG dipimpin langsung Asisten Operasi Pangkoarmada III, Kolonel Laut (P) Dato Rusman., S.N., S.E, M.Si., N.T.T., dan dikuti segenap prajurit Koarmada III, Lantamal XIV Sorong, Polri, Basarnas, dan sejumlah instansi terkait lainnya di gedung Serba Guna Mako Koarmada III, Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (26/11).

TFG adalah mensimulasikan pergerakan unsur-unsur yang terlibat dalam latihan tersebut pada situasi yang sebenarnya.

Selanjutnya, Latihan tersebut dilaksanakan secara parsial di Dermaga Koarmada III dan puncaknya tahap manuver lapangan serta latihan berganda (Full Mission Profile) di dermaga, pelabuhan, alur dan perairan Sorong. Latihan tersebut diharapkan juga meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel Koarmada III serta memelihara naluri tempur prajurit Satuan Pasukan Khusus TNI AL dalam melaksanakan kegiatan pengamanan di Dermaga Koarmada III dan wilayah perairan Sorong Papua Barat.

Koarmada III sebagai salah satu unsur TNI di pelabuhan memerlukan kesiapan dengan bekerja sama dengan segenap pemangku kepentingan di pelabuhan untuk dapat menjaga keamanan dan ketertiban alur pelayaran di perairan Sorong. Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan, kemampuan, keterampilan dan kesiapan personel maupun kelompok serta sarana prasarana yang mendukung untuk menjalankan tugasnya di pelabuhan, Koarmada III menggelar Latihan Pengamanan Pelabuhan Koarmada III pada medio November 2019.

Kadispen Koarmada III,
Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.