Personil & Persit KCK PG Kodiklatad Ikuti Donor Darah

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 3/12/19, Bandung-Dalam rangka Hari Juang TNI AD dan HUT Kodiklat Angkatan Darat TA 2019, Kodiklatad menggelar kegiatan donor darah dengan menggandeng PMI Kota Bandung dan Cianjur, di Gedung Moch Toha Kodiklatad, giat dibuka oleh Wakil Komandan Kodiklatad Mayjen TNI Eka Wiharsa. Selasa (3/12).

Foto: Komandan kodiklatad, Wadan dan Jajaran Kodiklatad lainya saat  mendonorkan darah.

Kegiatan Donor Darah dalam rangka HUT ke-25 Kodiklatad ini dilaksanakan di 4 wilayah yaitu, Zona 1 Wilayah Bandung Cimahi, Zona 2 Wilayah Malang dan Zona 3 Wilayah Jakarta Bogor serta Zona 4 Wilayah Baturaja. Dari kegiatan tersebut untuk Bandung dan Cimahi terkumpul 352 kantong pendonor yang telah memenuhi syarat dari 408 yang telah mendaftar dan Wilayah Jakarta Bogor terkumpul 120 kantong pendonor yang telah memenuhi syarat dari 165 yang mendaftar. Sedangkan untuk Wilayah Malang dan Baturaja akan dilaksanakan tanggal 5 November 2019. 

Dalam sambutannya Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto yang dibacakan oleh Wadan Kodiklatad disampaikan, bahwa setetes darah yang kita donorkan jauh lebih berharga dari uang. Karena darah yang kita donorkan adalah penyambung nyawa orang lain..

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan bahwa donor darah bukan hanya sebatas memberikan darah, tapi akan memberikan banyak keuntungan diantaranya adalah kesehatan akan terpantau karena saat akan mendonorkan darah juga dilakukan pengecekan kondisi tubuh kita.

Menurut Kepala Kesehatan Kodiklatad Mayor Ckm dr Saharun Iso, SpKo yang ditemui di lapangan mengatakan, “Salah satu manfaat donor darah yaitu dapat merangsang terjadinya proses peremajaan sel-sel darah dan akan merangsang produksi sel-sel darah baru, sehingga pada gilirannya membantu dalam menjaga kesehatan yang baik. Artinya darah kita akan segera tergantikan oleh darah baru yang tentunya lebih baik dan sehat,”ujarnya.

Pada pelaksanaan donor darah ini, Komandan Kodiklatad Letnan Jenderal TNI AM Putranto, S.Sos juga berkesempatan melaksanakan Donor Darah bersama Wadan Kodiklatad dan para Direktur serta para pejabat lainnya. (Penerangan Kodiklatad).