Kolonel Laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.E., M.A.P Jabat Komandan Kodikdukum Kodiklatal

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 17/12/19, Surabaya – Kodiklatal, Kolonel laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.E., M.A.P resmi menjabat Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) menggantikan Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan. Upacara serah terima jabatan yang dipimpin langsung Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto tersebut dilaksanakan di Gedung RE Martadinata Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Sebelum menjabat Komandan Kodikdukum Kodiklatal Kolonel laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.E., M.A.P menjabat Paban I Renprogar Ditum Kodiklatal, sedangkan Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan selanjutnya mendapat amanah untuk menempati jabatan Inspektur Umum Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Irum Kogabwilhan) II.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam sambutanya menyampaikan bahwa sertijab Komandan Kodikdukum yang diserahterimakan dari Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan Kepada Kolonel laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.E., M.A.P, ini merupakan bagian penting dalam proses pembinaan personel untuk memberi kesempatan dan peluang kepada personel terpilih untuk mengembangkan kemampuan profesi dan kepemimpinannya, agar menghasilkan kinerja yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Menurutnya sebagai eselon pelaksana dan pembinaan, Kodikdukum berdasarkan Peraturan Presiden No 66 Tahun 2019, tanggal 18 Oktober 2019 tentang susunan organisasi TNI, telah ditetapkan peningkatan kepangkatan untuk beberapa jabatan di Kodiklatal. Diantaranya, jabatan komandan Kodikdukum menjadi Pati bintang satu.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dankodiklatal berharap pejabat yang baru mulai menyiapkan restrukturisasi validasi organisasi kodikdukum pada eselon pembantu pimpinan dan staf Kodikdukum guna mendorong kinerja organisasi ke arah yang lebih baik.

Hal tersebut berkaitan dengan tugas Kodikdukum sebagai eselon pelaksana Kodiklatal, yang memiliki tugas sangat penting dan strategis dalam mendukung tercapainya tugas Kodiklatal untuk menghasilkan lulusan yang profesional dalam mengawaki bidang dukungan umum TNI Angkatan Laut.

Peran strategis Kodikdukum lainnya adalah menghasilkan produk pengkajian dan pengembangan doktrin dukungan umum operasi matra laut tingkat taktik, yang meliputi bidang teknik, elektronika, administrasi, kesehatan, kepolisian militer TNI AL, serta pemadaman kebakaran, penanggulangan bahaya nuklir, biologi dan kimia.

Pada upacara sertijab ini, selaku Komandan Kodiklatal saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan atas segala usaha dan kerja kerasnya selama menjabat sebagai komandan Kodikdukum. Selamat jalan dan selamat bertugas di Inspektorat Kogabwilhan II Mabes TNI. Semoga sukses senantiasa menyertai perjalanan karier Kolonel ke depan.
Pada kesempatan ini pula, sampaikan ucapan terima kasih saya kepada Ny. Sa’ban Nur Subkhan, yang telah mendukung suami dalam melaksanakan tugasnya, sekaligus penghargaan yang tinggi atas peran sertanya dalam memimpin Cabang 3 Jalasenastri Kodikdukum
Selanjutnya kepada Kolonel Laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.T., M.A.P., saya mengucapkan selamat atas jabatan yang baru sebagai Komandan Kodikdukum Kodiklatal. Selamat bekerja dan semoga sukses.

Hadir dalam acara tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, Para Direktur, Komandan Kodik dan para Komandan Pusdik di jajaran Kodiklatal serta Ketua gabungan Jalasenastri Kodiklatal beserta pengurus