Kodiklatal Siap Cetak SDM TNI AL yang Unggul

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 30/12/19, Kodiklatal – Mengawalitugas pertamanya sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat menggelar “Entry Briefing” kepada prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kodiklatal. Adapun Entry Briefing tersebut dilaksanakan di gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Dalam kesempatan tersebut, Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat mengusung tema “Kodiklatal menuju terciptanya Sumber Daya manuasia TNI AL yang unggul”. Menurutnya, Kodiklatal sebagai lembaga pendidikan harus bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas personel TNI AL agar mampu menghasilkan hasil didik yang profesional dan mampu mendukung tugas-tugas TNI AL melalui penajaman penyelenggaraan pendidikan, peningkatan kualitas sepuluh komponen pendidikan serta pengkajian dan pengembangan pendidikan.

Selaku Komandan Kodiklatal, dirinya menyampaikan beberapa kebijakan dalam mengimplementasikan pelaksanaan tugas dan fungsi Kodiklatal yang harus dipedomani dalam pelaksanaan tugas dengan memperhatikan garis kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemimpin TNI AL.

Kebijakan dalam mengimplementasikan tugas Kodiklatal tersebut antara lain pemenuhan kebutuhan dan peningkatan validitas doktrin dan petunjuk, organisasi serta permildas di lingkungan TNI AL yang adaptif terhadap perkembangan lingkungan strategis yang dapat memenuhi kebutuhan operasi melalui penajaman pembinaan, penataan serta pengkajian dan pengembangan doktrin, petunjuk penyelenggaraan pendidikan dan latihan serta petunjuk pelaksanaan latihan.

Dalam melaksanakan tugasnya, Komandan Kodiklatal menekankan kepada seluruh stafnya agar mengutamakan kebersamaan dalam melaksanakan kegiatan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, menerapkan Trisila TNI AL dengan baik dan benar demi tercapainya tugas pokok yang dapat dijadikan kebanggan bersama, serta mengembangkan inovasi dalam penyelenggaraan pembinaan doktrin, pendidikan dan latihan sehingga terpelihara pembinaan prajurit TNI AL yang profesional, bermoral dan berani.

Hadir dalam entry briefing tersebut para pejabat utama Kokdiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, Para Direktur Kodiklatal, Komandan Kodikopsla, Irkodiklatal, Ka Kuwil Kodiklatal, Komandan Puslat serta para Komandan Kodik, Komanda Pusdik serta Komandan Sekolah di jajaran Kodiklatal.