LANTAMAL I BELAWAN PEMENANG BINPOTMAR KREATIF TAHUN 2019

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 27/1/2020, Jakarta – Asisten Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut (Aspotmar Kasal), Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr.(Han)., menyerahkan penghargaan kepada Aspotmar Danlantamal I Belawan, Kolonel Laut (P) Berkat Widjanarko, S.E., sebagai pemenang Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dan Satuan Non Komando Kewilayahan (Satnonkowil) TNI Angkatan Laut dan pelaksana Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) kreatif terbaik Semester II Tahun 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan Aspotmar Kasal saat bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), pada upacara bendera di Lapangan Apel Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Senin, (27/1). Selain Lantamal I Belawan, Lantamal V Surabaya juga berhasil menempati urutan kedua, sementara juara ketiga diraih Lanal Tual.

Aspotmar Kasal dalam sambutannya antara lain mengatakan, bahwa program Binpotmar kreatif ini dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas insan Potmar TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pembinaan potensi maritim di wilayahnya sehingga setiap insan potmar TNI AL mampu berkreasi melalui cara baru, ide baru yang inovatif guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

“Menjadi juara bukan tujuan utama dalam Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar), namun bagaimana kita mampu melaksanakan kegiatan Binpotmar yang berdampak secara nyata di masyarakat berupa kegiatan pembinaan ketahanan wilayah, komunikasi sosial, dan bakti TNI AL dengan memprioritaskan pada wilayah-wilayah yang rawan, baik rawan terhadap konflik maupun bencana, serta daerah pinggiran, perbatasan dan pulau-pulau terluar”, ujarnya.

Aspotmar Kasal pada kesempatan itu juga menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang dan berharap agar prestasi yang telah diraih dapat dipertahankan. Penghargaan ini merupakan wujud perhatian Pimpinan TNI Angkatan Laut kepada satuan yang telah melaksanakan Binpotmar dengan optimal yang berdampak secara nyata di masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya, para Wakil Asisten Kasal, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, para Perwira, Bintara dan Tamtama, serta PNS jajaran Mabesal.

Dinas Penerangan Angkatan Laut.