TNI AL DAN RAN LAKSANAKAN SMEE UNCLOS

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 12/2/2020, Jakarata – TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Royal Australian Navy (RAN) melaksanakan kegiatan Subject Matter Expert Exchange (SMEE) UNLCOS bertempat di Wisma Elang Laut, Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, Rabu (12/2). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang diselenggarakan pada bulan September 2019 pada Meeting The 12th Navy to Navy Talks di Surabaya, Jawa Timur.

Pelaksanaan kegiatan SMEE UNLCOS antara TNI AL dengan RAN pada tahun 2020 ini agar kedua belah pihak (TNI AL dan RAN) dapat lebih mengerti dengan pandangan masing-masing negara yang berkaitan dengan peraturan-peraturan dalam UNLCOS.

Dalam kegiatan ini, TNI AL mengikutsertakan 11 orang Perwira di bawah pimpinan Kepala Dinas Hukum TNI AL Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, S.H., LLM.,PhD., dan 1 orang akademisi dari Fakultas Hukum Unpad, Bandung, RA Gusman Siswandi SH.,LLM., PhD.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut RAN mengirimkan 5 orang Perwira yang dipimpin Director General Australian Defence Force Legal Services Commodore Peter Bowers. Selain itu, Australia juga menghadirkan Prof. Robin Wamer dari Australian National Centre for Oceans Resources and Security at The University of Wollongong, Australia. Pada kesempatan ini delegasi Australia juga didampingi Atase Angkatan Laut Australia, Captain Matt Brown.

Adapun topik yang dibahas pada pertemuan SMEE UNCLOS TNI AL dan RAN ini antara lain Pemahaman tentang kegiatan di ZEE yang diperbolehkan dalam UNCLOS; Hak dari Kapal Perang untuk melakukan latihan militer atau tindakan-tindakan lain di ZEE negara lain; Law Enforcement di beberapa Zona wilayah Laut, termasuk Hot Pursuit. Kemudian status imunitas kapal perang termasuk personel yang ada di atasnya (on board); dan pengaturan tentang lintas dan Alur Laut Kepulauan, terutama pada lintas transit, bagaimana dengan definisi atau pengertian dari normal mode kapal atas air, Kapal Selam dan Pesawat Udara.

Selain Kepala Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut dan Royal Australian Navy, hadir pula perwakilan dari Sopsal, Seskoal, Koarmada I, Srenal, Spamal, Pushidrosal, Dispamal dan Diskum AL.

Dinas Penerangan Angkatan Laut.