Tiga poin Mendasar Tertundanya MTQ Papua Barat Ke-VIII Di Sorsel

Laporan Jurnalis : Hermanus sagisolo

Teminabuan,-Pos Bernas.com Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang akan di selenggarakan di kabupaten Sorong Selatan akhirnya secara resmi ditunda dengan batas waktu yang tidak di tentukan, hal ini di sebabkan oleh wabah virus Corona atau covid- 19.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE.M.Tr.A.P bersama rombongan melakukan rapat koordinasi dengan gubernur Papua barat Drs.Domingus madacan terkait kegiatan MTQ yang rencananya akan laksanakan di kabupaten Sorong Selatan pada bulan April mendatang.

Pada rapat tersebut Bupati mempersentasi kesiapan Pemda dan panitia MTQ yang kini telah memasuki sembilan puluh persen dalam menyambut para kafilah serta tamu undangan yang akan hadir dalam acara MTQ VIII Papua Barat tersebut.

Beliau katakan acara tersebut di pusatkan di lapangan trinati teminabuan kabupaten Sorong Selatan, sedangkan penginapan atau tempat tinggal bagi para kafilah, ia katakan beberapa hari yang lalu beliau bersama panitia telah melakukan kroscek, syukur Alhamdulillah puji Tuhan sudah aman dan steril.

Selain itu juga beliau katakan berkaitan dengan kegiatan MTQ VIII kami juga di perhadapkan dengan serangkaian kegiatan di antaranya, pilkada, Raker sinode GKI serta Pesparawi. Ini semua membutuhkan konsentrasi serta keseriusan dalam penanganannya dengan baik khususnya di bidang keuangan. Untuk itu kami mohon dukungan dari provinsi Papua Barat.

Pada kesempatan itu bupati sampaikan saat ini negara Indonesia dalam keadaan darurat virus covid-19 yang mana bapak gubernur telah menindak lanjuti dengan memberikan edaran kepada kami di daerah serta kami telah menindak lanjuti dengan membentuk satgas pencegahan virus Corona. Dan juga di tegaskan dalam maklumat Kapolri nomor 2 yang melarang untuk berkumpul dalam kegiatan apa pun guna pencegahan virus tersebut.

Setelah bupati Sorong Selatan mempersentasi kesiapan Pemda dan panitia MTQ VIII Papua Barat akhirnya dengan segala pertimbangan yang berkaitan dengan virus Corona maka gubernur papua barat Drs. Dominggus mandacan memutuskan menunda kegiatan MTQ di kabupaten Sorong Selatan dengan waktu yang tidak di tentukan.

Keputusan tersebut di tuangkan dalam berita acara, yang di kemas dalam tiga poin keputusan

1.pertimbangan virus covid-19 serta upaya pencegahan penyebaran virus tersebut khususnya di Papua barat.

2.mempertimbangkan poin satu maka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat daerah ke-VIII tahun 2020 DI TUNDA PELAKSANAANYA hingga pada waktu yang di tentukan kemudian.

3.Di harapkan kepada semua pihak pengelola transportasi PT Pelni, maskapai penerbangan untuk memberikan dukungan kebijakan dalam hal tiket yang sudah di beli untuk di pergunakan pada kegiatan MTQ tidak di batalkan namun di gunakan pada waktu mendatang (reachedull) yang di sediakan dengan tanggal pelaksanaan MTQ Papua barat yang ke- VIII tahun 2020.