Kodam XVIII/Kasuari Bantu Terima Alkes Bantuan Sukarelawan Peduli Penanganan Covid-19

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 11/4/2020, Manokwari – Para prajurit Kodam XVIII/Kasuari dan aparat Polres Kabupaten Manokwari membantu Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Manokwari menerima Alat Kesehatan (Alkes) bantuan dari Sukarelawan Peduli Penanganan Covid-19 yang diangkut dengan pesawat Herkules C-130 milik TNI Angkatan Udara di Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat, Kamis (9/4/2020).

Kapendam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Andi Gus Wulandri, S.I.P. dalam siaran persnya mengatakan, bantuan yang datang dari Jakarta tersebut berupa cairan disinfektan 56 buah, hand sanitizer 70 buah, APD 310 buah, masker 1750 buah, tiang bilik disinfektan 4 buah, buku 800 buah, megaphone 1 buah dan pakaian 15 kg. Seluruh barang tersebut diperuntukan bagi rumah sakit rujukan pasien Covid-19 yang ada di wilayah Papua Barat.

“Pesawat milik TNI AU yang memuat Alkes tersebut berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju ke Bandara Rendani Manokwari, yang sebelumnya transit di Bandara Hassanudin – Makassar dan Samratulangi – Manado serta diawaki Kapten Penerbang (Pnb) E.T. Prabowo dan 12 orang lainnya. Ini merupakan bantuan Alkes dari Sukarelawan yang ikut peduli dalam penangganan Covid-19 di Indonesia, yang selanjutnya akan didistribusikan ke berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada di wilayah Papua Barat,” ungkap Andi Gus.

Sementara itu, perwakilan dari IDI yang turut terlibat dalam penerimaan bantuan Alkes di Bandara Rendani, dr. Adhe Ismawan mengatakan bahwa IDI Cabang Manokwari menyampaikan rasa bahagia dan berterima kasih atas datangnya bantuan tersebut.

“Sore ini, kami dari IDI Cabang Manokwari merasa sangat berbahagia karena mendapatkan bantuan dari teman-teman di Jakarta dan dari beberapa organisasi, seperti dari dr. Tirta (CDI) serta dari yang lainnya untuk Manokwari, juga atas bantuan TNI AU yang telah mengantarkan Alkes ini menggunakan pesawat angkut miliknya,” ucapnya.

“Saat ini teman-teman sedang memilah-milahkan barang untuk disalurkan ke lima rumah sakit, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kab. Manokwari, Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua Barat, Rumah Sakit Kab. Fakfak, Rumah Sakit Kab. Kaimana, dan Rumah Sakit Kab. Bintuni,” sambung dr. Adhe Ismawan.

“Sekali lagi, mewakili masyarakat dan tenaga medis di Manokwari sekitarnya, serta Provinsi Papua Barat, kami sangat berterima kasih atas bantuan dari Sukarelawan Peduli Penanganan Covid-19 ini. Bantuan yang datang ini merupakan barang-barang yang sangat kita butuhkan dalam melaksanakan tugas di garis depan sebagai tenaga medis, guna membantu pemerintah dan masyarakat mengatasi pandemi Covid-19,” tutupnya.