Ketua Pusdalops Covid-19 Prov Babel Distribusikan APD ke Kabupaten dan Kota

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 30/4/2020, PANGKALPINANG – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan beberapa kali Pendistribusian Alat Pelindung Diri (APD) melalui Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) dengan menggunakan pesawat ke Babel yang dikawal TNI AD selanjutkan diteruskan ke Pemprov Babel. Rabu 29/4/2020.

Ketua Sekretariat Pusdalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa menjelaskan,
“Pusdalops terus mendistribusikan setiap bantuan dari BNPB berupa APD dan alat kesehatan lainnya yang telah tiba di Babel begitupula bantuan dari pihak ketiga baik perusahaan milik negara maupun swasta, yang saat ini juga sudah ada puluhan perusahaan memberikan bantuannya ke pemerintah daerah melalui pusdalops gugus tugas,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Ketua Sekretariat Pusdalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa didampingi Kasi Logistik, Edy Oktono, mengatakan, Semua APD setelah diterima TNI-AD dilanjutkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Babel dan diterima pusat pengendalian dan operasional (Pusdalops), selanjutnya kami distribusikan ketujuh Dinkes kabupaten/ kota,” ungkap Mikron.

“Sebanyak 3.250 pcs langsung didistribusikan ketujuh kabupaten/kota dengan rincian sebagai berikut, Kota Pangkalpinang sebanyak 400 pcs, Kabupaten Bangka sebanyak 300 pcs, Kabupaten Belitung sebanyak 500 pcs, Kabupaten Bangka Barat sebanyak 150 pcs, Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 150 pcs, Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 250 pcs, Kabupaten Belitung Timur masih memiliki stok dan Dinkes Babel sebanyak 1.500 pcs,” terang Mikron.

“Pendistribusian ini kita berikan disesuaikan dengan kebutuhan daerahnya, untuk di Beltim (Bitung Timur) rumah sakit rujukannya di Belitung, jadi lebih diprioritaskan bagi tenaga medisnya,” jelas Mikron.

Berikut APD yang telah tiba di Babel Pendistribusian yang dilakukan oleh TNI-AU, beberapa waktu lalu antara lain, tahap awal sebanyak 2.000 pcs alat pelindung diri (APD), tahap kedua sebanyak 3.000 pcs, tahap ketiga sebanyak 2.000 pcs, tahap keempat sebanyak 2.300 pcs dan tahap kelima sebanyak 3.250 pcs.