DWP Kota Bekasi Ikut Serta dalam Menegakkan Protokol Kesehatan di Sekitar Masyarakat

Laporan Jurnalis : Hendricko Sihombing

Pemerintah Kota Bekasi kini tengah menerapkan masa Adaptasi Tatanan Hidup Baru (ATHB) menuju Masyarakat Produktif yang Aman Covid. Dalam masa ATHB ini, Pemkot Bekasi menerapkan peraturan-peraturan demi mengurangi risiko penyebaran Covid-19, dari mulai penerapan protokol kesehatan yang ketat di tempat usaha jasa pariwisata dan perkantoran, penerapan program RW Siaga di seluruh RW Se- Kota Bekasi, penerapan program pengawasan Ketahanan Pangan dan Zero Criminal, penyediaan posko rapid test gratis di Stadion Patriot Chandrabhaga bagi masyarakat Kota Bekasi yang membutuhkan, dan mengoptimalkan peran aparatur Pemkot Kota Bekasi untuk langsung mensosialisasikan dan mengawasi protokol kesehatan kepada masyarakat melalui GEBRAK MASKER (Gerakan Bersama Memakai Masker)

Dalam hal ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bekasi turut mendukung program Pemkot Bekasi dengan ikut turun ke lapangan, mengunjungi beberapa titik di daerah Kota Bekasi untuk menegakkan protokol kesehatan dan membagikan masker kepada para warga, seperti ke para pedagang, pengendara sepeda motor, dan para petugas kebersihan jalan. Selain itu, DWP Kota Bekasi juga mensosialisasikan kepada para ibu-ibu rumah tangga tentang pentingnya mawas diri terhadap risiko penyebaran Covid-19 di kluster keluarga.

“Saya dengan tim DWP Kota Bekasi sudah memulai melakukan aktifitas pembagian masker ini sejak hari Senin, 07 September 2020. Pembagian masker ini kami lakukan untuk mendukung program ATHB Pemerintah Kota Bekasi sekaligus menegakkan pengawasan protokol kesehatan kepada para warga agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan warga akan semakin sadar diri pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari.” Ujar Ketua DWP Kota Bekasi, Ratna Widodo.

DWP Kota Bekasi juga melakukan sosialisasi pentingnya mawas diri penyebaran Covid-19 di kluster keluarga yang bertujuan agar sesama anggota keluarga dapat mawas diri untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan.

“Kami pun juga hari ini (Kamis, 10/09/2020) melakukan sosialisasi kepada wali murid SDN Margajaya I sebagai ibu rumah tangga untuk mawas diri terhadap bahaya Covid-19 dan mengarahkan ibu-ibu untuk mengingatkan anggota keluarganya agar selalu memakai masker saat beraktifitas apalagi saat mengobrol satu sama lain, kurangi berpegian ke luar kota jika tidak mendesak, kurangi nongkrong-nongkrong dalam jangka waktu yang lama di satu tempat, tetap jaga jarak, awasi dan kurangi jam bermain anak di luar rumah, dan selalu jaga imun tubuh dan kebersihan.” Ucap Ratna Widodo

Terakhir, Ketua DWP Kota Bekasi berharap supaya dukungan peran serta DWP Kota Bekasi dalam mendukung program Pemerintah akan memberikan dampak yang baik, yakni dampak baik terhadap upaya penekanan angka penyebaran Covid-19 di Kota Bekasi. (Humas)