Perhitungan Suara Dari KPPS Ke PPK, Khenoki – Era Era Mendapat Suara Terbanyak Dibanding Paslon 02 Elmar.

Laporan Jurnalis : Sedarius Gulo

Pos Berita Nasional. Com- Nias Barat,
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut (1) Khenoki Waruwu dan Dr. Era Era Hia, MM, M.Si unggul dan meraih suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Nias Barat yang digelar pada 09 Desember 2020 yang lalu.

Ketua Tim Pemenangan Paslon No. Urut 01 KHENOKI ERA ERA, Hermit Hia, S.IP pada hari Sabtu 13 Desember 2020  di posko pemenangan Khenoki Era Era, jalan Sukarno Hatta Desa onolimbu kecamatan Lahomi.

Kepada awak media menegaskan, Paslon Khenoki Era Era mengungguli perolehan suara terbanyak. Di banding Paslon No. Urut 02 Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua.

“ Sesuai hasil C1 yang kita himpun dari saksi di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan juga dari PPK di 8 kecamatan se-kabupaten nias barat, maka Paslon Khenoki Era Era meraih suara terbanyak dan mengalahkan perolehan suara dari Paslon Elyunus Waruwu dan Mareko Zebua (Elmar),” paparnya Hermit Hia.

Menurut mantan Wakil Bupati Nias Barat tersebut, dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Nias Barat, Paslon Khenoki – Era Era berhasil mendulang suara sebanyak 20.150 suara atau 52,56 % dari 38.340 jumlah suara sah.

Sedangkan Paslo Elyunus Waruwu dan Mareko Zebua, hanya dapat mendulang suara pada Pilkada sebanyak 18.190 suara atau 47,44 % dari 38.340 jumlah suara sah.

“ Kita akui jika dari delapan kecamatan di Nias Barat, pasangan Khenoki dan Era Era menang di enam kecamatan,” ucapnya.

Keenam kecamatan di mana Paslon Khenoki dan Era Era mendapat suara terbanyak masing masing Kecamatan Sirombu sebanyak 3.198 suara atau 60,32 %, Lahomi 2.321 suara atau 54,41 %, Mandrehe 5.061 suara atau 50,34 %, Mandrehe Barat 1.900 suara atau 54,21 %, Moro,o 2.955 atau 65,89 %, dan Kecamatan Ulu Moro,o sebanyak 1.405 atau 54,84 %.

Sedangkan dua kecamatan lainnya, Pasangan Khenoki dan Era Era kalah, yakni Kecamatan Mandrehe Utara 1.793 suara atau 45,85 % dan Kecamatan Lolofitu Moi 1.517 suara atau 30,69 %. Saya berharap hasil perhitungan tingkat KPPS ke PPK tidak berubah sampai tingkat KPU, jumlah perhitungan suara dari TPS sampai di tingkat PPK belum ada perubahan jumlah dan tanpa ada masalah, Paparnya.

Menanggapi pernyataan atau klaim dari  Ketua DPD Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Sumatera Utara Djarot yang menyebutkan jika pasangan Elmar adalah pemenang pada Pilkada Nias Barat, Hermit Hia mengatakan itu sah-sah saja dan kemungkinan laporan yang diterima dari daerah belum lengkap dan valid.

Hermit Hia hanya memastikan jika hasil C1 yang telah himpun dari semua saksi di seluruh TPS tidak berbeda hasilnya dari hasil Rapat Pleno  pada tingkat kecamatan yang sedang digelar 12/12/2020 di 8 kecamatan.

Beliau berpendapat bahwa, “Pak Djarot sah-sah saja mengklaim Paslon  Elmar menang pada Pilkada Nias Barat, tetapi menurut saya mungkin beliau mendapat data yang salah atau anggota dibawah terburu buru menyampaikan data,” ujar Hermit Hia.

Paslon Khenoki Era Era pada Pilkada Kabupaten Nias Barat tahun ini diusung oleh Partai Hanura yang memiliki 4 kursi dan PAN yang memiliki 1 kursi di DPRD Nias Barat. Sedarius Gulo.