Kadispenad : Pendidikan Foto Jurnalistik Upaya Tingkatkan SDM Penerangan Angkatan Darat

Laporan Redaksi

Posberitanasional.com, 15/03/2021, JAKARTA – Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) personel Penerangan Angkatan Darat melalui Pendidikan maupun pelatihan secara terus menerus dan berkelanjutan akan menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas serta personel yang andal dengan disertai pengamalan penugasan di lapangan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus, S.E., M.M saat membuka Pendidikan Foto Jurnalistik bagi 21 orang personel dari jajaran Penerangan Angkatan Darat meliputi Penerangan Kodam dan Penerangan Korem yang dilaksanakan di Aula D.I Panjaitan, Dispenad, Senin (15/3/2021).

Ket. Foto Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus, S.E., M.M saat membuka Pendidikan Foto Jurnalistik bagi 21 orang personel dari jajaran Penerangan Angkatan Darat meliputi Penerangan Kodam dan Penerangan Korem yang dilaksanakan di Aula D.I Panjaitan, Dispenad.

Dalam kesempatan tersebut, Kadispenad mengatakan agar peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dengan baik sehingga memperoleh bekal pengetahuan dan keterampilan yang andal dalam bidang foto jurnalistik.

“Pendidikan Foto Jurnalistik ini merupakan bagian dari upaya TNI AD melalui Dispenad untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia personel satuan penerangan di lingkungan TNI AD, sehingga dapat mendukung tugas-tugas penerangan di satuan masing-masing, “ tutur Kadispenad.

Lebih lanjut ditegaskan Brigjen TNI Nefra Firdaus bahwa satuan penerangan saat ini menjadi salah satu ujung tombak TNI AD dalam membangun citra positif di masyarakat.

“Agar tugas tersebut terlaksana dengan baik, maka personel penerangan perlu membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, termasuk pada bidang foto jurnalistik, sehingga produk yang dihasilkan selain untuk publikasi internal TNI AD juga memiliki nilai lebih untuk publikasi di media, “ imbuhnya.

Foto jurnalistik tidak hanya tentang mendokumentasikan suatu kegiatan, tetapi merupakan media penyampaian berita, informasi, atau pesan melalui gambar. Foto yang baik adalah yang mampu berfungsi untuk menginformasikan, meyakinkan dan menghibur. Untuk memperoleh karya foto dengan kategori tersebut, tentunya memerlukan proses pembelajaran dan latihan serta kejelian dalam melihat suatu momen.

Selain itu disampaikan Nefra, foto jurnalistik yang baik adalah karya foto yang mampu menyajikan kisah cerita secara eksplisit dan implisit, artinya karya foto mampu menggambarkan seribu cerita.
Kemampuan mengambil foto yang baik, secara otomatis akan meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan publikasi yang dilaksanakan satuan penerangan. Oleh karena itu, kemampuan tersebut perlu dimiliki oleh personel penerangan khususnya yang bertugas sebagai tim peliput.

Pada bagian akhir sambutannya, Kadispenad mengharapkan agar peserta pendidikan dapat memanfaatkan kesempatan pendidikan ini secara optimal, untuk menggali pengetahuan dan pengalaman sebanyak-banyaknya dari para pengajar khususnya tim pengajar dari Sony Alfa Guru. Sehingga pengetahuan dan keterampilan tersebut bisa diterapkan di satuan penerangan masing-masing.

Kepada tim Sony Alfa Guru, sebagai pengajar diharapkan bisa mentransfer pengetahuan dan keterampilan khususnya foto jurnalistik kepada personel penerangan TNI AD, sehingga ke depan kemampuan personel penerangan TNI AD akan lebih profesional. (Dispenad)