WAKILI KASAL, DANLANAL DENPASAR SERAHKAN TUNJANGAN BABINPOTMAR DAN BREVET KEPADA PRAJURIT TNI AL DAN PEMBERIAN TALI ASIH KEPADA PENSIUNAN PRAJURIT/PNS LANAL DENPASAR

Laporan Red

Denpasar – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., mengikuti acara Penyerahan Tunjangan Babinpotmar, Brevet kepada Prajurit TNI AL dan pemberian Tali Asih kepada para Pensiunan Prajurit/PNS TNI AL secara daring yang mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk menyerahkan tali asih kepada personel Lanal Denpasar yang menjalani masa pensiun di Gedung IGP. Dwinda Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan No. 331 Denpasar Bali, Rabo (4/8/2021).

Turut hadir dalam pelaksanaan pemberian tunjangan dan penyerahan tali asih tersebut Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Agus Ali Handono, Dandenpomal Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan, S.H., Pasprogar Mayor Laut (KH) Dewa Ketut Dana Susila, Paspotmar Mayor Marinir I Nyoman Suarmika beserta Perwira Staf dan perwakilan dari anggota Lanal Denpasar.

Dalam sambutannya Kasal pada acara yang digelar serentak diseluruh satuan jajaran TNI AL secara daring di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta tersebut, mengatakan bahwa di tengah masa sulit pandemi Covid-19 saat ini, tidak menyurutkan TNI AL untuk terus membangun kekuatan dan mengembangkan organisasi yang terfokus pada pemenuhan kapabilitas Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Penyiapan SDM TNI AL merupakan program prioritas utama yang sejalan dengan visi Nasional, oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi dan sebagai bentuk apresiasi saya kepada seluruh Prajurit TNI AL dalam dedikasinya serta dalam perjuangan menghadapi pandemi covid 19, dalam kesempatan ini telah didistribusikan tunjangan Babinpotmar sejumlah 727 personel, tunjangan Brevet sejumlah 5.637 personel, serta tali asih untuk Prajurit/PNS TNI AL yang memasuki masa purna tugas sejumlah 1.274 personel.

Kasal juga menjelaskan dalam waktu dekat akan ada pula Tunjangan Brevet untuk Pasukan Marinir yaitu Brevet Kohut serta tunjangan untuk pengawak KRI yaitu Brevet Kapal Permukaan dan Brevet PWO.

Lebih lanjut Kasal juga menyampaikan tentang program kesejahteraan lainnya yaitu berupa Program Perumahan Melalui Dinas (PPMD) yang didukung melalui pinjaman lunak yang besarannya telah ditetapkan per strata kepangkatan yaitu Tamtata 275 juta, Bintara 300 juta, Pama 350 juta dan Pamen 400 juta, selain itu untuk prajurit/PNS yang akan memasuki purna tugas juga akan dibekali keterampilan berupa program Bektram, diharapkan dengan dukungan bektram serta tali asih yang diserahkan, nantinya dapat digunakan sebagai modal awal dalam babak baru sebagai purnawirawan di tengah lingkungan masyarakat.

Lebih lanjut Kasal juga memerintahkan kepada seluruh personel dijajarannya, untuk tetap menyiapkan mental dan fisik disertai dengan upaya meningkatkan profesionalisme tanpa henti walaupun di tengah terpaan badai pandemi Covid-19. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi, dan juga sebagai bentuk apresiasi pimpinan kepada seluruh prajurit TNI AL dalam dedikasinya serta dalam perjuangan menghadapi pandemi Covid-19 di bulan Juli 2021 ini kita jadikan sebagai bulan kesejahteraan TNI AL.

Adapun dana tali asih yang diberikan tersebut merujuk pada Telegram Kasal No. 046/WAT/0721 sesuai strata yaitu untuk Bintara/ Tamtama/PNS sederajat sebesar Rp 10 juta, Pama/PNS sederajat Rp 12,5 juta sedangkan Pamen/PNS sederajat sebesar Rp 15 juta. Program pemberian tali asih bagi prajurit/PNS TNI Angkatan Laut yang akan purna tugas ini akan terus dilaksanakan rutin setiap tahun sebagai wujud perhatian kepada para prajurit TNI AL.

Adapun perwakilan dari personel yang menerima penyerahan tunjangan dan tali asih yaitu : Peltu Nav I Made Suarka (Babinpotmar), Sertu Jas Bunjari (Babinpotmar), Peltu Purn. A. A Gede Budita, Serma Purn. I Made Murda dan PNS Purn. Ketut Budiasa.

Usai pemberian tali asih perwakilan dari anggota yang purna tugas/pensiun atas nama Peltu Purn. Anak Agung Gede Budita menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan TNI AL dalam hal ini bapak Kasal, atas perhatiannya kepada para prajjurit dan PNS TNI AL yang menjalani purna tugas/pensiun sehingga dengan adanya pemberian tali asih kepada para pensiunan ini dapat membantu kami kembali berkiprah ke masyarakat dan diharapkan kegiatan seperti ini kedepan dapat diteruskan oleh pimpinan selanjutnya.

(Pen Lanal Denpasar)