Penyekatan Gabungan TNI/POLRI Dan Sat. Pol. PP Penegakan PPKM Level-4

Laporan redaksi

Sikka – 5 Agustus 2021 bertempat di Mapolres Sikka, Jln. Jend. Ahmad Yani, Kel. Kota Baru, Kec. Alok Timur, Kab. Sikka, telah dilaksanakan Apel Pengecekan Penyekatan Penegakan PPKM Level-4 oleh TNI/Polri dan Sat. Pol. PP di wilayah Kab. Sikka. Apel penyekatan PPKM Level-4 dipimpin langsung oleh AKP Wilhelmus Hinlae S.H Kabag Ops Polres Sikka, Gabungan Satgas Covid-19 bergerak dari Mapolres Sikka

Lokasi penyekatan dan kegiatan PPKM Level-4, Jalan menuju Bandara Frans Seda Maumere tepatnya di Jln. Jend. Sudirman, Kel. Waioti Kec. Alok Timur.

Gabungan menghimbau kepada setiap pengendara baik Roda Dua maupun Roda Empat yang bukan bersifat Utgent Mendadak untuk segera memutar balik Kendaraan baik dari dan keluar Wilayah Kab. Sikka.
Tindakan yang di lakukan oleh Petugas Gabungan penyekatan PPKM Level-4

Melakukan Pemeriksaan Masker pemeriksaan Helm bagi pengendara roda dua. kendaran roda Empat ,petugas wajib pengecekan identitas luar Kab Sikka  kembali tidak masuk kota maumere
PKL 21.00

Patroli Gabungan mendatangi dan memberi teguran secara tegas serta Humanis kepada Warga yang tidak menegenakan Masker dan Helm yang sedang mengendarai kendaraan baik Roda Dua maupun Roda Empat serta menyampaikan peraturan PPKM Level-4 dan Prokes sesuai dengan *Peraturan Pemerintah Pusat dan Surat Edaran Bupati Sikka nomor Satuan Gugus Tugas 289/C-19/VIII/2021* di mana segala Aktifitas Warga sesuai aturan Surat Edaran Bupati Sikka

Petugas Gabungan melakukan tindakan penyekatan dengan memberhentikan setiap kendaraan baik Roda Dua dan Empat yang melakukan Aktifitas tanpa mengenakan Masker dan melanggar prokes. Setiap Kendaraan baik Roda Dua maupun Roda Empat yang melanggar Prokes serta tidak memiliki kepentingan Urgent Mendesak di arahkan petugas gabungan untuk memutar balik Arah kendaraannya dan kembali ke rumah masing-masing.

Ditemukan masih banyak Warga yang tidak mengenakan Masker Melanggar Prokes, Selain itu pula terdapat warga yang apabila melihat Petugas Gabungan baru mengambil dan mengenakan Masker.

Personel Gabungan TNI/Polri dan Sat. Pol. PP yang melaksanakan Penyekatan PPKM Level-4, antara lain Personel Kodim 1603/Sikka 5 Personel.
Anggota Personel Shabara Polres Sikka 9 Personel
Anggota Satlantas Polres Sikka 2 Personel
Anggota Personel Yon B Pelopor Brimob Maumere
Personel Anggota Personel Unit Intel Dim 1603/Sikka 1 Personel.
Anggota Personel Unit Intelkam Polres Sikka 2 Personel.
Anggota Personel Sat. Pol. PP Kab. Sikka Personel.
Wartawan Nasional 2 Personel.

Selama pelaksanaan penyekatan PPKM Level-4 dan Prokes oleh Personel Gabungan TNI/Polri dan Sat. Pol. PP Kab. Sikka, Tidak terdapat adanya gesekan ataupun bentrokan antara Aparat keamanan dan Warga Masyarakat, Serta selama pelaksanaan tetap memperhatikan langkah Humanis dan Persuasif. Pelaksanaan Penyekatan PPKM Level-4 di Wilayah Kab. Sikka berakhir dan selesai, di lanjutkan dengan pelaksanaan Apel Pengecekan akhir Konsolidasi yang di pimpin langsung oleh AKP Wilhelmus Hinlae S.H Kabag Ops  Polres Sikka.

Pelaksanaan kegiatan penyekatan PPKM Level-4 dan Protokol Kesehatan (Prokes) oleh petugas Gabungan TNI/Polri dan Sat. Pol. PP di Wilayah Kab. Sikka dan sekitarnya guna menindaklanjuti instruksi Mendagri RI dan Surat Edaran Bupati Sikka guna meminimalisir serta menekan angka penyebaran Kasus Positif Covid-19 di Kab. Sikka.

Termonitor masih di temukan Warga yang tidak mematuhi Surat Edaran Bupati Sikka Nomor Satuan Gugus Tugas 289/C-19/VIII/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level-4 untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Desease 2019 dalam Wilayah Kab. Sikka.

Agar pelaksanaan penyekatan PPKM Level-4 tidak pada satu lokasi sasaran saja melainkan pada beberapa sasaran yakni Perempatan Jln. Lingkar Luar yang menghubungkan Kab. Sikka dan Kab. Ende, Pertigaan Jalan El Tari yakni Jln. Trans Maumere – Magepanda