Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kata M.Amin Manfaatkan Lahan Jadi Produktif

Laporan Red

BABEL – Wakil ketua DPRD Provinsi kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Amin, bersama komisi II DPRD Babel, melakukan penelusuran  areal persawahan di desa Batu Betumpang kecamatan pulau besar Bangka Selatan, dalam rangka menunjang produksi persawahan di tingkat petani. Rabu (22/09).

Kedatangan wakil ketua DPRD Muhammad Amin, beserta Ketua Komisi II Adet Mastur dan beberapa anggota DPRD Babel, disambut langsung Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Prov Babel, Kepala Pertanian Kab. Bangka selatan, pemerintah desa, BPPL dan para kelompok tani Batu Betumpang.

Menurutnya, jika irigasi persawahan tidak optimal dan tidak berfungsi dengan baik maka dapat mengakibatkan padi akan menguning dan tingkat kesuburan tanaman padi jadi terhambat, bahkan terjadinya gagal panen,”sebutnya.

“Garap lahan yang kurang produktif, agar menjadi produktif, hingga ada peningkatan produksi,”ucapnya

Dikatakannya, Bangka Selatan dari dulu sudah dicanangkan sebagai lumbung pangan di Bangka Belitung, jadi harus ada solusi terhadap permasalahan pangan,” kata Muhammad Amin.

Ketua komisi II DPRD babelpun mengatakan, harus ada sinkronisasi antara petani, pemerintah desa juga stakeholder terkait untuk membangun dan memperbaiki saluran irigasi yang tidak berfungsi dengan baik.

“cadangan pangan dibabel untuk saat ini sudah bekurang apalagi cadangan pangan di kabupaten, maka dari itu kunjungan kami disini mendorong dan mencari solusi apa permasalahan yang dihadapi kelompok tani,” ujar Adet Mastur

Bentuk suatu kelembagaan di tingkat petani guna pemberdayaan lahan pertanian dan harus adanya adanya dukungan seluruh Stakeholder terkait.

“kami telah mengadakan rapat dengan Bulog untuk pembentukan kelembagaan untuk Petani,”ucapnya.

(Hum Setwan DPRD Babel)