PANGKALAN TNI AL DENPASAR IKUTI UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA SECARA VIRTUAL

Laporan Red

Denpasar – Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar pada hari Jum’at tanggal 01 Oktober 2021 bertempat di Gedung Serbaguna I.G.P. Dwinda Mako Lanal Denpasar telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 secara virtual yang dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur dengan tema “INDONESIA TANGGUH BERLANDASKAN PANCASILA”. Selaku Irup Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini masih sama pada tahun sebelumnya dalam pandemi covid 19 yang sudah mulai mereda dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, dimulai dengan mengikuti upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo dari Kelurahan Lubang Buaya Cipayung Jakarta Timur secara virtual melalui televisi. Upacara diawali penghormatan kepada Presiden dilanjutkan dengan pembacaan Sila dari Pancasila dilanjutkan dengan berdiri sikap siap sempurna dan melaksanakan kegiatan sesuai peserta upacara di Lubang Buaya.

Upacara kali ini dilaksanakan secara sederhana tetapi penuh hikmah guna memperingati dan mendoakan para Pahlawan khususnya Pahlawan Revolusi yang telah Gugur demi tegaknya Pancasila dan mempertahankan Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Pancasila. Kegiatan upacara ini mengingatkan kepada seluruh prajuritnya untuk memupuk terus jiwa Pancasila dengan mengenang dan memaknai sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965, dimana rakyat Indonesia saat itu berjuang mempertahankan Ideologi Pancasila dari rongrongan paham komunis dengan keganasan dan kekejaman PKI pada peristiwa G30S tahun 1965 yang membuat gugurnya 7 Pahlawan Revolusi.

Hadir dalam kegiatan secara virtual tersebut Palaksa Letkol Laut (P) Agus Ali Hardono, Perwira Staf Lanal Denpasar, serta segenap Prajurit Militer dan PNS Mako Lanal Denpasar.

(Pen Lanal Denpasar)*