Divpropam Polri Gelar Operasi Gaktibplin di Jajaran Polda Babel

Laporan Baim,Ry

BABEL – Biro Provos Divisi Propam Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Gunarso yang merupakan Pemeriksa Pok III Divpropam Polri melaksanakan kegiatan Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) selama 4 hari kedepan di Wilayah Hukum Polda Kep. Bangka Belitung, Senin (11/10/21).

Operasi Gaktibplin melibatkan Bid Propam Polda Kep. Bangka Belitung ini dilaksanakan di Polres Pangkalpinang dan Polres Bangka.

Hal yang dilakukan menyasar pemeriksaan kelengkapan administrasi seperti KTP, KTA, SIM maupun Surat Izin Kepemilikan Senpi. Selain itu, Tim juga melakukan pemeriksaan Senpi anggota dan melakukan test urine ke seluruh personil Polres dan juga Kapolres serta Pejabat Utama Polres.

Kombes Pol Gunarso mengatakan, pelaksanaan gaktibplin yang dilakukan oleh Biro Provos Divpropam di Polda Kep. Bangka Belitung akan dilaksanakan sampai hari Kamis mendatang.

“Ini hari pertama, dilakukan di Pangkalpinang dan Bangka. Satu hari ini kita kunjungi 2 Polres. Besok kita akan laksanakan kegiatan ini di Polda.”kata Kombes Pol Gunarso.

Pelaksanaannya dimulai dari Sikap Tampang Anggota, Administrasi, Senpi hingga pengecekan Urine terhadap semua personil Polres baik Kapolres sampai anggotanya.

“Kalau dia megang senpi, kartu senpinya dicek masih aktif atau tidak. KTA nya juga masih aktif atau tidak dan itu harus diperbaiki. Kalau kita temukan (tidak aktif), kita berikan teguran dan tindakan. Selain itu kita juga melakukan cek urine terhadap anggota.”terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Perwira Melati Tiga ini juga mengingatkan kepada semua anggota Polri untuk tidak bermain-main ataupun memakai narkoba karena tidak ada manfaatnya.

Menurutnya, jika anggota sudah bermain atau memakai narkoba akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan maupun pada tugas sebagai anggota Polri.

Diuraikanya, Biasanya kalau anggota sudah kena narkoba kinerjanya sudah tidak benar, pasti bolos. Karena dia makai malam, paginya drop akhirnya tidak masuk kantor,” pungkasnya