DANLANAL DENPASAR PIMPIN PEMBAGIAN SEMBAKO DI PULAU NUSA PENIDA

Laporan Red

Denpasar – Dengan menggunakan sarana fast boat Gangga Express Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., pimpin pelaksanaan bakti social di Pulau Nusa Penida Kabupaten Klungkung Bali. Dengan menempuh perjalanan laut sekitar 45 menit, menggunakan sarana fast boat rombongan membawa 85 paket sembako untuk dibagikan kepada masyarakat yang ekonominya terdampak Covid-19 di Pulau Nusa Penida.

Di dusun Semaya, Desa Suana Kec. Nusa Penida , mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Untuk memenuhi kebutuhan harian, penduduk setempat harus menyeberangi lautan. Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar Bali membagikan 85 paket sembako kepada masyarakat pesisir yang Kurang Mampu, Lansia, dan Masyarakat yang sakit di Kec. Nusa Penida Kab. Klungkung dalam rangka ”TNI AL Peduli dan Berbagi” yang bekerja sama dengan PT. Kaltara Jaya Abadi.

“Kita menggunakan sarana Fast Boat menuju Pulau Nusa Penida, dengan pejalanan kurang lebih 45 menit dari Pelabuhan Kusamba Kabupaten Klungkung, kesulitan untuk menjangkau ke pemukiman warga tetap kita lakukan demi membantu masyarakat yang terdampak selama masa pandemi Covid 19, khususnya terhadap masyarakat yang ada di kepulauan. Di sana terdapat komunitas nelayan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program TNI AL Peduli dan Berbagi dimasa pandemi,” ucap Danlanal Denpasar di Nusa Penida, Jumat (15/10/2021).

Selain membagikan bantuan sembako, Lanal Denpasar bersama-sama anggota Posal Nusa Penida juga menyosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Masyarakat diminta tidak menganggap Covid-19 sudah hilang. Untuk itu, patuh terhadap prokes tetap menjadi kunci pencegahan penularan Covid-19.

Pelaksanaan pembagian sembako oleh Danlanal Denpasar yang didampingi oleh Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II Ny. Citra I Komang Teguh Ardana kepada perwakilan masyarakat, yang dihadiri Kepala Dusun Cila Gilandan, Desa Suana Bapak Wayan Daya, dan Kepala Dusun Karang Sari, Desa Suana Bapak Wayan Dharma.

Disamping di Posal Nusa Penida Danlanal juga membagi sembako di Balai Banjar Dusun Semaya, Dsea Suana kepada perwakilan masyarakat, yang dihadiri Kepala Dusun Semaya Ds. Suana Bapak Gede. Selanjutnya Danlanal dan beserta Ibu meninjau budidaya rumput laut disekitar Balai Banjar.

Penyerahan bantuan sembako yang berlangsung di Pulau Nusa Penida tersebut menuai respon positif dari masyarakat. Warga mengaku senang, lantaran semenjak pandemi covid-19 perekonomian tidak menentu. Ditambah, hasil tangkapan dan harga ikan yang tidak stabil.

“Terima kasih kepada TNI AL yang sejak awal di masa corona rajin membantu warga nelayan dan masyarakat kampung. Semoga kegiatan ini bisa terus berkelanjutan, ujar salah satu warga Semaya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danlanal Denpasar, Ketua Cabang 10 Korcab. V DJA II, Paspotmar, Kasiopslat, Pabinhar, Danpos Nusa Penida, Pengurus Cabang 10 Korcab V DJA II, dan personel pendukung dari Mako Lanal Denpasar.

(Pen Lanal Denpasar)