KUNJUNGAN TARUNA AAL ANGKATAN 68 KE INSTANSI TNI/POLRI DAN PEMDA DI BALI

Laporan Red

Denpasar – KRI Bima Suci-945 yang membawa Satgas KJK Taruna AAL Angkatan ke 68 melakukan kunjungan kehoramatan di Instansi Pemerintah Daerah dan TNI/Polri yang disinggahi.

Begitu juga saat KRI Bima Suci singgah di Pelabuhan Benoa, Komandan KRI Bima Suci-945 yang membawa 112 Taruna/Taruni AAL (Akademi Angkatan Laut) tingkat III Angkatan ke- 68 yang tergabung dalam Satgas Kartika Jala Krida (KJK) melaksanakan CC (Courtesy Call) ke beberapa pejabat FKPD Provinsi Bali diantaranya, Kodam IX/Udayana, Polda Bali, Kantor Walikota Denpasar dan Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali. Kamis (28/10/2021).

Dalam kunjungan kehormatan tersebut, Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla, Palaklat Kartika Jala Krida Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan dan 6 perwakilan taruna/taruni AAL ini, didampingi Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Agus Ali Hardono dan Paspotmar Lanal Denpasar Mayor Marinir I Nyoman Suarmika.

Pada kunjungan pertama Siswa Taruna dan Taruni melaksanakan CC atau Kunjungan Kehormatan ke Kodam IX/Udayana dimana diterima langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjutak didampingi oleh Kasdam, Irdam, Danrem 163/WSA, Kapoksahli beserta para Asisten Pangdam, LO AL serta Perwira Staf Kodam IX/Udayana.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Komandan KRI Bima Suci-945 beserta rombongan yang telah meluangkan waktu dan kesempatan untuk berkunjung di Kodam IX Udayana. Beliau berharap dari kunjungan ini dapat memberikan inspirasi, motivasi dan solusi bagi jajaran Kodam IX/Udayana dalam rangka melaksanakan tugas-tugas satuan. Kodam IX Udayana merupakan bagian integral dari TNI AD sebagai komponen utama pertahanan negara di wilayah Bali dan Nusa Tenggara dalam mewujudkan pertahanan nasional.

Adapun tugas pokok Kodam IX/Udayana yaitu menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh asset yang ada di Kodam IX/Udayana.

Pesan Pangdam IX/Udayana kepada Siswa Taruna dan Taruni AAL “Pegang teguh loyalitas kepada pimpinan, tumbuhkan kebanggaan dalam diri bahwa kita sudah menjadi bagian dari TNI Angkatan Laut serta harus bisa merangkul dan mengayomi anggota dibawahnya dengan tetap menjaga kekompakan dan tetap solid antara anggota dan pimpinan selama berdinas nanti,” tegasnya.

Kunjungan yang kedua, siswa Taruna dan Taruni melaksanakan CC ke Kantor Walikota Denpasar dan diterima oleh Sekda Kota Denpasar dan Kadishub Kota Denpasar. Dalam sambutannya Sekda Kota Denpasar mengucapkan selamat datan di Kantor Wali Kota Denpasar dan salam semangat dan sehat untuk Taruna Taruni AAL dalam mengejar karier di TNI AL, semoga ke depan bisa menjadi pemimpin yang dibanggakan untuk Bangsa dan Negara.

Menurut Walikota membangun kota dan desa perlu adanya persatuan, kesatuan dan sinergitas dengan instansi terkait seperti TNI/Polr. Lebih lanjut Sekda mengatakan pendapatan besar kita (kota Denpasar) adalah di sector pariwisata, walaupun dalam masa pandemi kita masih tetap semangat untuk memerangi covid 19 dengan instansi terkait. Kedepan harap Sekda Kota Denpasar dapat meningkatkan sinergitas dengan instansi terkait lainnya dan tentunya dengan TNI/Polri, pungkasnya.

Pada kunjungan selanjutnya, Dan KRI Bima Suci dan siswa Taruna dan Taruni Angkatan 68 melaksanakan CC ke Polda Bali dan diterima langsung oleh Kapolda Bali Irjen Pol. I Putu Jayan Danu Putra beserta jajaran Polda Bali.

Sambutannya Kapolda Bali menyampaikan ucapan terima kasih telah berkunjung ke Mapolda Bali. Polda Bali yang membawahi 9 Polres dan 1 Polresta dengan jumlah personil 12 ribu yang sebagian besar memiliki kawasan wisata, terutama wisata pantai.

Kami sering bersinergi dengan TNI AL dalam melaksanakan tugas. Dalam masa pandemi Covid kami dari TNI/POLRI juga melaksanakan tugas bersama-sama dalam rangka mendukung program pemerintah dalam mengatasi pandemi ini.Di Bali ini ada tempat Isoter dan merupakan tempat terbaik Isoter di seluruh Indonesia karena memakai fasilitas hotel dll, semua itu juga bentuk dari sinergitas TNI/POLRI dengan Pemerintah Daerah.

Lebih jauh Kapolda mengucapkan rasa bangganya dengan kegiatan ini, karena merupakan bentuk pengenalan sinergitas yang dimulai dari sejak dini, semoga ke depan dengan adanya kegiatan ini setelah menjadi perwira-perwira remaja selalu semangat untuk melaksanakan tugas negara dan selalu bersinergi antara TNI/POLRI dan Pemerintah Daerah.

Kunjungan kehoramatan yang terakhir 4 Taruna dan 2 Taruni AAL yang didampingi Komandan KRI Bima Suci-945, Palaklat Satgas dan Palaksa Lanal Denpasar beserta Perwira Staf melaksanakan courtesy call di ruang VIP Base Ops Lanud Ngurah Rai yang diterima langsung oleh Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb. Reza Ranesa R. S., S.Sos., M.A.P beserta jajaran.

Sambutannya Danlanud yang intinya : Lanud I Gusti Ngurah Rai adalah satuan operasi dibawah naungan wilayah Kogab II, letak pangkalan dan fasilitas memang milik dari Angkasa Pura, tetapi dengan hadirnya TNI AU adalah perintah dan pimpinan berdasarkan undang-undang. Alutsista utama TNI AU memang tidak ada disini, tetapi jika suatu saat dibutuhkan untuk kegiatan suatu operasi yang berdekatan dengan daerah Bali maka pangkalan udara ini harus siap mendukung dan memfasilitasi kegiatan operasi.

Berbicara tentang Sinergitas antara TNI AL dan TNI AU Danlanud mengatakan sangat penting, karena dalam melaksanakan tugas operasi khususnya operasi tempur semua angkatan sudah mempunyai tugas pokok masing-masing dan saling berkaitan, maka dari itu saya mengharapkan kepada para Tarunadan Taruni kedepannya setelah menjadi perwira untuk saling bekerja sama antar satuan.

Kegiatan yang kalian laksanakan adalah suatu kebanggaan dari satuan dan matra, maka dari itu adanya kegiatan KJK tersebut harus dilestarikan. Keloyalan adalah hal yang terpenting dalam melaksanakan tugas, ada prinsip dari seorang perwira dalam bekerja yaitu koordinasi dan kolaborasi, serta melaporkan dari hasil, kolaborasi yang saya maksud adalah saling membantu dan mendukung dalam melaksanakan tugas.

Terakhir Danlanud mengucapkan terima kasih atas kunjungannya, semoga kedepan para Taruna dan Taruni dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan amanat dari undang-undang serta menjalankan tugas utama dari TNI AL. (Pen Lanal Denpasar)