Wing Day, Gubernur AAL Sematkan Brivet Terjun Statik Para Dasar Pada Taruna Korps Marinir

Laporan Baim,Pen Aal

Surabaya – Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han)., sematkan Brivet Para Dasar kepada 25 Taruna AAL Tingkat lV Korps Marinir Angkatan ke-67 Tahun 2021 pada Wing Day dan Penutupan Latihan Praktek Terjun Statik Para Dasar yang digelar di 𝘚𝘩𝘦𝘭𝘡𝘦𝘳 Skuadron 400 Wing Udara 2, Puspenerbal Juanda, Jum’at (26/11).

Dalam pelaksanaan Latihan Praktek Terjun Statik Para Dasar di Wing Day kali ini, 25 Taruna AAL Tingkat lV Korps Marinir Angkatan ke-67 dengan didampingi para pelatih handal dari Kolatmar dan Taifib berlatih dengan menggunakan pesawat Cassa TNI AL Aviocar U-6216 yang take off dua sortie dari ketinggian 1500 feet.

Tampak hadir menyaksikan penerjunan Taruna Korps Marinir dan penutupan Lattek Para Dasar kali ini antara lain Komandan Pasmar–2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP., Wakil Gubernur AAL, Laksma TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han)., CHRMP., Seklem AAL, Laksma TNI Syamsul Rizal, S.H., M.M., CHRMP., Dankolat Puspenerbal, Komandan Puslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko, Komandan Kolatmar Kolonel Marinir I Made Sukadana, S.E., dan Pejabat Utama AAL lainnya.

Tampak hadir pula Ketua Cabang Berdiri Sendiri Jalasenastri AAL yang juga Ibu Asuh Taruna AAL, Ny. Ayu Nur Alamsyah beserta Pengurus Cabang Berdiri Sendiri Jalasenastri AAL lainnya.

Gubernur AAL dalam amanatnya mengatakan bahwa, pendidikan Para Dasar bagi Taruna Tingkat IV Korps Marinir ini bertujuan untuk memberikan kemampuan dan ketrampilan terjun Para Dasar bagi para taruna baik terjun pada waktu siang maupun malam hari, sebagai bekal untuk penugasan mereka di kesatuan nanti.

Kegiatan ini juga di harapkan mampu meningkatkan nilai penghayatan, dan sikap sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Laut yang mempunyai disiplin tinggi dan profesional dengan dilandasi nilai juang Pancasila, Sapta Marga serta Sumpah Prajurit.

Menurut Alam –sapaan akrab Jendral Marinir Bintang dua dipundak ini- Taruna tingkat IV Korps Marinir harus memiliki kemampuan yang handal sesuai tuntutan tugas yang akan diemban dalam setiap pertempuran, yaitu merebut dan menguasai tumpuan pantai pendaratan lawan, melalui jalur laut dan udara.

β€œDengan berakhirnya latihan Para Dasar ini, saya ucapkan selamat atas keberhasilan kalian menyelesaikan program latihan praktek Para Dasar tahun 2021 dengan aman, tertib dan lancar, dan kalian sah menggunakan Brivet Para Dasar,” terangnya.

Gubernur mengaskan pada taruna Marinir ini, bahwa masih ada latihan-latihan berikutnya yang akan dilaksanakan, oleh sebab itu Ia tekankan para taruna untuk tetap menjaga dan memelihara semangat, dengan tetap membina kondisi fisik agar dapat mengikuti semua rangkaian pendidikan di AAL dengan baik.

Gubernur AAL mengucapkan terimakasih kepada Komandan Puspenerbal, Komandan Pasmar 2, Komandan Kolatmar, Komandan Lanudal Juanda, pimpinan latihan beserta staf, instruktur serta unsur-unsur lain yang terlibat dalam kegiatan ini, sehingga latihan dapat berjalan dengan aman dan sukses.