Kementerian Koperasi dan UKM RI Gelar Pelatihan Vocational

Laporan Ricky

PANGKALPINANG – Kementerian Koperasi dan UKM RI menggelar pelatihan vocational bagi usaha mikro di sektor kuliner bertempat di Sun Hotel, Sabtu (27/11/2021).

Sebanyak 30 peserta mengikuti pelatihan vocational yang dihelat 27 November hingga 29 November 2021. Para peserta yang ikut dalam pelatihan ini bakal diberi materi kiat-kiat bagaimana cara mengembangkan usaha ukm di era digitalisasi hinggal praktek vocational terhadap produk usahanya.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut Afnida Sekretaris Deputi Kementerian Koperasi dan UKM RI, Yulizar Adnan Kadis Koperasi dan UKM Babel, Ahmad Nabil Bintang Ketua Kawula Muda Nusantara.

Yulizar adnan mengatakan, dengan adanya pelatihan-pelatihan seperti ini diharapkan para pelaku ukm dapat mengembangkan usahanya lebih mudah, dan juga dia akan mempermudah jikalau dalam pengurusan terkait ukm.

“Kalo mau ngurus apa-apa langsung saja ke kantor koperasi dan ukm dekat bandara, klo mau konsultasi semua bidang ada di situ mulai dari pemasaran, manajemen sampai promosi, kita bakal terima dengan senang hati.” Katanya.

Ahmad Nabil Bintang ketua Kawula Muda Nusantara yang menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut mengajak mahasiswa untuk jangan menyerah dalam menjalankan dan mengembangkan usaha yang ditekuni.

“Boleh kita idealis tapi dengan cara berbisnis. Mari sama-sama kita membangun indonesia dengan memajukan ukm di indonesia dimulai dari UKM yang kita kembangkan.” Tuturnya.

“Ketika lulus nanti kita sebagai mahasiswa ditanya, mau jadi pegawai atau membuka lapangan kerja, semua berada di tangan kita masing-masing.” Tutupnya.

Dalam pelatihan tersebut para peserta tetap menjalankan prokes meskipun kasus covid-19 mulai melandai.