Presiden RI ke Bali, TNI AL Gelar Pengamanan Bandara dan Perairan Nusa Dua

Laporan Baim,(Pen Lanal Bali)

Denpasar – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kembali mengunjungi Bali, dalam rangka kunjungan kerja ke Provinsi Bali dengan agenda kegiatan meninjau Mangrove Information Center, menyaksikan pelaksanaan pertandingan Indonesia Badminton Festival 2021 di Hotel Westin Nusa Dua, Membuka kegiatan Kasatwil Polri tahun 2021 serta peninjauan venue (lokasi) KTT G-20 di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) dan The Apurva Kempinsky Nusa Dua Bali.

Dengan menggunakan pesawat Kepresidenan BBJ 2 Noreg A – 001 yang mendarat di bandara Ngurah Rai Bali Selama dua hari, beliau akan melaksanakan beberapa peninjauan terutama akan mengecek venue (lokasi) KTT G-20 di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) dan The Apurva Kempinsky Nusa Dua Bali.

Dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI tersebut, Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V, Koarmada II, menurunkan tidak kurang dari 1 (satu) SST pasukan prajurit Lanal Denpasar dalam Satgas Pam VVIP Subsatgas Pam Pelabuhan dibawah komando dari Satgas Pamwil Kodam IX/Udayana dengan area pengamanan di sekitar perairan Bandara Internasional Ngurah Rai Bali dan perairan Jalan Tol Bali Mandara, serta menurunkan Combat Boat Patkamla Bali, dan Searider untuk pengamanan di wilayah perairan Nusa Dua Bali, dan di perairan Jalan Tol Bali Mandara.

Prajurit Lanal Denpasar di bawah pimpinan Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T.,M.A.P., melaksanakan kegiatan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI dan ikut serta dalam kegiatan pengamanan dan penyambutan Presiden RI Joko Widodo.

Dalam rangka kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Provinsi Bali tersebut, prajurit Lanal Denpasar terlibat langsung dalam pengamanan kunjungan kerja Presiden RI beserta rombongan, dengan melibatkan beberapa aspek bidang diantaranya Unsur Laut, Kesehatan, Polisi Militer dan Intelijen Lanal Denpasar serta dukungan KRI dari Koarmada II Surabaya dan Heli AS 565 MBe HS-4205 dari Lanudal Juanda Surabaya.

Dengan memaksimalkan dukungan kegiatan pengamanan VVIP , Upaya Lanal Denpasar dalam mendukung kegiatan pengamanan perairan yang berada di beberapa lokasi rute perjalanan Presiden RI beserta rombongan, Danlanal Denpasar menggerakan beberapa alutsista yang dimiliki antara lain yaitu Sea Rider atau RHIB (Rigid-Hulled Inflatable Boat), Rubber Boat dan Patkamla Bali yang siap mengamankan perairan tol Bali- Mandara. Pada bagian pengamanan rute perjalanan Presiden RI dan rombongan, Polisi Militer Lanal Denpasar telah menempatkan di beberapa titik rawan kemacetan dan Personel Intelijen melaksanakan pengamanan dalam upaya pencegahan dini terjadinya kegiatan yang mengganggu kegiatan di lokasi kunjungan kerja Presiden RI di Provinsi Bali.

“Lontaran ucapan terima kasih disampaiakan oleh Danlanal Denpasar kepada seluruh prajurit Lanal Denpasar yang telah melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan semangat menjalankan kewajiban sehingga kegiatan pengamanan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo selama di Bali diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan aman”.

Usai melaksanakan kunjungan kerja di Pulau Bali pada hari Jumat direncanakan Presiden Joko Widodo dan rombongan meninggalkan Bali menuju Halim Perdana Kusuma Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ 2 Noreg A – 001.