Wakasal Tinjau Maritime Food Estate I dan II Serta Peletakan Batu Pertama

Laporan Baim,(Pen Lanal Denpasar)

Jembrana – Upaya mendorong percepatan kemajuan ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat pesisir di Kabupaten Jembrana Bali, Wakil Kepala Staf TNI AL (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono mengunjungi Kampung Bahari di Kabupaten Jembrana Bali, Jumat (7/1/2022).

Kehadiran Wakasal, Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono bersama rombongan disambut langsung Bupati Jembrana  I Nengah Tamba beserta para Muspida Kabupaten Jembrana.

Adapun kegiatan Wakasal yang didampingi Bupati Jembrana dan Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., melaksanakan peninjauan Maritime Food Estate tahap I dan Tahap II di Desa Banyubiru Jembrana dan peletakan batu pertama di lokasi Maritime Food Estate tahap II oleh Wakasal dan Bupati Jembrana, disaksikan oleh Dr. Ongen, Ketua DPRD Jembrana, Aspotmar Kasal, Kadisbekal, Danlanal Denpasar, serta tamu undangan lainnya serta kunjungan ke Maritime Food Estate taham III di Desa Yeh Embang Kec. Mendoyo Kab. Jembrana.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono beserta Ibu, Aspotmar Kasal Mayjen TNI Marinir Widodo Dwi P beserta Ibu, Kadisbekal Laksma TNI Eko Purwanto, Bupati Jembrana I Nyoman Tamba, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, Ketua DRD Kabupaten Jembrana, Kolonel Laut (S) Ferry M , Kolonel Mar Agus Taruna, Letkol Marinir Novianto Danang (Kabagset Wakasal), Mayor Laut (P) Aan Harminanto (Kasubbagevalap), dan Forkompimda Jembrana serta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Jembrana menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya atas kunjungan kerja Bapak Wakasal beserta jajarannya dimana Kab. Jembrana telah dipilih sebagai pilot project dalam upaya peningkatan ketahanan pangan di Kab. Jembrana.

Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kegiatan ini yang berdampak sangat positif bagi Kab. Jembrana dimana dalam pelaksanaan pembangunan maritime food estate dengan memperdayakan warga sekitar yaitu merekrut sebagai tenaga kerja terampil dan bersertifikat, ucapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Kegiatan ini merupakan salah satu inovasi perpaduan antara pariwisata teknologi modern dlm peningkatan produksi hasil perikanan yaitu dgn komoditas utama udang vanname disamping komuditas penunjang lainnya.

Kabupaten Jembrana akan menjadi daerah penghasil udang terbesar di Bali dan sebagai lubung pangan dalam upaya peningkatan ketahanan pangan dan memberikan dampak ekonomi serta kesejahteraan yang baik bagi masyarakat, selain itu yang terpenting Jembrana dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional, tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakasal dalam sambutannya mengatakan Kami memilih Jembrana sebagai pilot project atau yang pertama kali melaksanakan kegiatan ini, kita awali kegiatan dan mencoba membangun polah tambak udang yang ini adalah aplikasi ataupun pelaksanaan dari kegiatan research bersama dari Bapak Akedemisi Prof Dr. Julius yang sudah melaksanakan survey tentunya bersinergi dgn tim kami dari TNI Angkatan Laut.

Saya jujur sebagai Angkatan Laut sangat bangga kepada Bapak Julius, bagaimana dedikasi beliau untuk ikut berperan menunjukan kepada negara dan rakyat, bagaimana peran Angkatan Laut di depan masyarakat itu yg sangat penting sehingga beliau mengajak kami bersama-sama membangun dan memilih Jembrana sebagai tempat pilot project yg pertama, ungkapnya.

Yang jelas sekarang ini kita sudah mendidik sekitar 50 pemuda-pemuda setempat, kita ajari untuk bagaimana bertambak udang degan teknologi, kalau kita lihat kemarin dalam waktu 60 hari kita bisa panen udang dengan memanfaatkan teknologi yang sangat tinggi dan ini harus kita aplikasikan.

Pilot project artinya kami Angkatan Laut berkomitmen bagaimana supaya bisa berperan meningkatkan kesejahteraan utamanya masyarakat pesisir. Kami juga mempunyai program Dawil Hanla yaitu pemberdayaan wilayah pertahanan laut dan tugas pokok kami mempertahankan kedaulatan, pungkas Wakasal.

Usai peninjauan Wakasal menyerahkan sembako secara simbolis kepada Nelayan, selanjutnya Bupati Jembrana, Aspotmar Kasal dan Ketua DPRD Jembrana.

Dalam kesempatan tersebut Wakasal dan Ibu beserta rombongan menyempatkan diri melaksanakan peninjauan ke Gedung Posal Pengambengan yang baru dan disambut oleh Danposal Pengambengan.

Setelah melaksanakan rangkaian kunjungan dan peninjauan di kampung bahari Wakasal beserta rombongan melanjutkan kunjungan di Civic Center Rumah Jabatan Bupati Jl. Mayor Sugianyar, Kab. Jembrana dan disambut langsung oleh Bupati dengan pemasangan udeng dan pemasangan selendang oleh Wabup, selanjutnya penyerahan cindera mata oleh Wakasal kepada Bupati dan Wakil Bupati Jembrana.