Danlanal Melonguane Sambut Kedatangan KRI Kakap 811

Laporan Baim

Melonguane – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Melonguane Letkol Laut (P) Glory Syaranamual, S.E., M.Tr Opsla, bersama Perwira Staf Lanal dan Perwakilan Prajurit Lanal Melonguane bertempat di Dermaga Pelabuhan Umum Kab. Talaud, kembali menyambut kedatangan KRI Kakap 811. Minggu (22/05).

Komandan KRI Mayor Laut (P) Yakup Tri Raharjo, yang melakuan pelayaran dari dari Pulau Miangas.

Kedatangan KRI Kakap 811 guna mendukung pergeseran personel dari Kemenpolhukam, BNPB, Kodim, Polres Talaud, BAZNAZ, BPPD dan Dukcapil serta sejumlah material berupa Paket Sembako, Motor Tempel dan kendaraan roda dua guna mendukung kegiatan Gerbangdutas 2022.

Gerbangdutas (Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan), merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan BNPP untuk meningkatkan koordinasi Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan (PBWN-KP) demi mendukung percepatan pembangunan serta membangun sinergi antara kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Pelaksanaan Gerbangdutas Tahun 2022 dipusatkan di Pulau Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud pada tanggal 23 s.d. 24 Mei 2022.

Kedatangan KRI Kakap – 811 di Pelabuhan Umum Melonguane, direncanakan tiba pada hari Sabtu (21/05) pukul 16.00 WIB, namun terkendala karena harus melaksanakan Operasi SAR sehubungan dengan adanya Laporan dari Masyarakat bahwa ada Nelayan yang melaut dan hilang sejak Rabu (18/05) Pukul 04.00 Wita yang hingga sampai saat ini belum kembali. Nelayan tersebut bernama Kamurahan Hama, Warga RT/RW : 001/001 Kec Khusus Miangas, melaut menggunakan Perahu Pamboat warna biru strip kuning merah nama lambung NAVIGO ET REVENI.

Kegiatan SAR yang dilakukan oleh KRI Kakap-811, merupakan Instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, bahwa disamping melaksanakan tugas operasi Laut setiap unsur KRI berkewajiban melaksanakan Operasi SAR/ Operasi Kemanusiaan.

Komandan Lanal Melonguane, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa suksesnya acara tersebut merupakan tanggungjawab bersama setiap stackholder serta unsur terkait yang ada di Kepulauan Talaud. itu sebabnya komunikasi dan koordinasi yang berkelanjutan antar instansi terkait baik unsur Forkopimda Kab Talaud serta instansi pemerintah tingkat pusat sangat dibutuhkan sehingga adanya persamaan persepsi dan kejelasan siapa berbuat apa, sehingga dalam pelaksanaannya dapat terlaksana dengan baik aman dan Lancar, Demikian Pungkas Danlanal.

Pen Lanal Melonguane.