Prajurit TNI AL Harus Bersikap Sopan Santun dan Memberi Manfaat untuk Rakyat

Laporan Baim

Jalesveva Jayamahe
Jakarta – Dalam rangka regenerasi jabatan strategis TNI Angkatan Laut (TNI AL), Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin Serah terima jabatan (Sertijab) Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) dan Kepala Dinas Sejarah Angkatan Laut (Kadisjarahal) serta Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal), bertempat di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Senin (11/7).

Jabatan Pangkolinlamil diserahterimakan dari pejabat lama Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 37 Tahun 1991 kepada penggantinya Laksamana Muda TNI Agus Hariyadi Alumni AAL Angkatan 38 Tahun 1992 yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal. Laksda TNI Erwin S. Aldedharma akan melanjutkan tugas sebagai Wadanjen Akademi TNI menggantikan Mayjen TNI Kukuh Surya.

Kasal dalam amanat tertulis yang dibacakan Wakasal menyampaikan bahwa, Kolinlamil sebagai salah satu Komando Utama pembinaan maupun operasi TNI, memegang peran yang sangat penting, baik dalam situasi perang maupun damai. Terlebih lagi dengan bentuk geografi Indonesia sebagai negara kepulauan, peran Kolinlamil sebagai pembina tunggal Angkutan Laut Militer TNI dan pembina potensi Angkutan Laut Nasional untuk pertahanan dan keamanan negara di laut menjadi semakin vital. Kolinlamil adalah bagian dari jembatan dan sabuk pengikat untuk menjaga persatuan nusantara dalam situasi damai maupun genting.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mengingatkan kepada seluruh prajurit Jalasena Kolinlamil sebagai penjaga negara, pelindung keselamatan bangsa yang harus berpegang teguh kepada Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. “Saya ingatkan bahwa kita adalah penjaga negara, pelindung keselamatan bangsa, yang berpegang teguh pada sumpah prajurit dan delapan wajib TNI. Oleh karena itu, prajurit Jalasena harus selalu bersikap sopan santun dan ramah tamah kepada rakyat, jangan sekali-kali merugikan rakyat, jangan sekali-kali menakuti dan menyakiti hati rakyat dimanapun berada, prajurit Jalasena harus menjadi manfaat bagi masyarakat,” tegas Kasal.

Sementara itu, dihari yang sama, ditempat berbeda di Geladak KRI Banda Aceh- 593 juga dilaksanakan Sertijab Kadisjarahal yang diserahterimakan dari Laksma TNI Supardi yang akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Lantamal V Surabaya kepada Laksma TNI Eko Gajah Seno yang sebelumnya menjabat Kapoksahli Koarmada II. Selain itu, jabatan Kadisdikal juga diserahterimakan dari Laksma TNI Dr. Diki Atriana yang menempati jabatan baru sebagai Kapoksahli Koarmada RI kepada Laksma TNI Arif Badrudin yang sebelumnya menjabat Komandan Kolat Koarmada RI.

Sertijab tiga Pati TNI AL tersebut berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan pada tanggal 27 Juni 2022. (Dispenal)