LANAL DENPASAR GELAR KOMUNIKASI SOSIAL MARITIM KE MASYARAKAT NELAYAN 

Laporan Baim

Denpasar – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., yang diwakili Pjs. Paspotmar Mayor Laut (KH) Moh. Saleh C.M. S. Sos. I., membuka kegiatan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) T.A. 2022 wilayah Bali Utara serta diikuti kurang lebih 150 orang masyarakat nelayan Desa Kalisada Kec. Seririt Kab. Buleleng dan bertempat di Villa Manik Segara Kec. Seririt Kab. Buleleng Bali, Rabu (13/07/2022).

Kegiatan Komsosmar wilayah Lanal Denpasar tersebut digelar kepada masyarakat nelayan dengan tema “Melalui Komsosmar TNI AL Siap Membangun Masyarakat Maritim yang Tangguh dalam Mendukung Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut”.

Kegiatan tersebut dalam rangka memberikan pemahaman tentang bela negara dalam komunikasi sosial bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta mewujudkan stabilitas pertahanan keamanan yang kondusif yang pada akhirnya dapat mendukung kepentingan tugas TNI, khususnya TNI AL.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Pemberdayaan Masyarakat Perikanan Kab Buleleng Bpk. Ilham Nur Kholis, Camat Seririt diwakili Kasi Terampil Pol PP Bpk. Made Catur A, Kapolsek Seririt AKP Andre, Danramil 1609-03 Seririt diwakili Pelda I Wayan Budika, Basarnas Kab. Buleleng KSOP Celukan Bawang GM. Pelindo Celukan Bawang Polairud Polresta Buleleng Danposal Celukan Bawang, Kepala Desa Kalisada Babinsa dan Babinkamtibmas Kalisada serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Warga Desa Kalisada.

Dalam sambutannya Pjs. Paspotmar menyampaikan Indonesia adalah poros maritim dunia dimana pulau Bali yang dikelilingi lautan termasuk didalamnya. Kita harus tetap menjaga salah satunya dengan melaksanakan Komunikasi Sosial Maritim untuk memberikan pemahaman tentang bela negara dalam komsos bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta mewujudkan stabilitas pertahanan dan keamanan yang kondusif, ungkapnya.

Lebih lanjut kegiatan ini memiliki nilai strategis yaitu membangun networking dan sinergitas segenap komponen maritim diwilayah Bali Utara, sekaligus menjadi momentum untuk lebih meningkatkan jalinan komunitas maritim serta instansi terkait secara proporsional dan profesional.

“Dalam kesempatan ini kami atas nama TNI Angkatan Laut memberikan sedikit bantuan bahan kontak untuk meringankan beban masyarakat nelayan karena dampak pandemi”. Pungkasnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Kalisada memberikan sambutan yang intinya bersyukur kepada Tuhan YME bahwa hari ini telah kedatangan tamu dari TNI AL dengan membawa program yang dilaksanakan yaitu Komsosmar.

“Apapun nantinya kekurangan dan kendala yang dihadapi para nelayan mohon dapatnya di akomodir oleh TNI AL”. Ungkap Kepala Desa Kalisada.

Lebih lanjut Kepala Desa Kalisada mengatakan Program Kampung Bahari Nusantara ini sangat di nantikan oleh para nelayan di desa kami. Kami seluruh nelayan desa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dilaksanakannya kegiatan Komsosmar ini.

Usai kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan Sosialisasi Bela Negara oleh Pgs. Paspotmar Lanal Denpasar Sosialisasi Keselamatan Pelayaran oleh Koorpos Basarnas Kab. Buleleng, Sosialisasi Kebijakan Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Usaha Bersama/KUB Nelayan oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat Perikanan Kab. Buleleng dan diakhiri dengan penyerahan bahan kontak kepada perwakilan kelompok nelayan binaan Posal Celukan Bawang oleh Pgs. Paspotmar Lanal Denpasar serta tamu undangan lainnya.

(Pen Lanal Denpasar)