Antusiasme Masyarakat Sambut Sosialisasi TNI AL dalam Car Free Day

Laporan Baim

Jalesveva Jayamahe
Jakarta – Antusias masyarakat sangat terlihat saat TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) melaksanakan sosialisasi kegiatan Angkatan Laut pada acara Car Free Day (CFD) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (17/07) pagi.

Kegiatan sosialisasi mengenai Angkatan Laut dengan menggunakan Smart Truck sekaligus menerjunkan langsung prajurit TNI AL dibawah pimpinan Kasi Radio JJM, Dispenal Letkol Laut (KH/W) Romalawati kepada masyarakat luas ini merupakan salah satu program kerja Dispenal yang bertujuan untuk mengenalkan lebih luas tentang tugas-tugas angkatan laut. Tidak hanya itu kegiatan ini juga memberikan informasi seputar publikasi penerimaan prajurit, pengetahuan tentang Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista), pemutaran profil kegiatan angkatan laut serta wawancara maupun tanggapan masyarakat tentang TNI AL.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan berkolaborasi dengan Kepolisian Republik Indonesia dan baru pertama kali dilaksanakan TNI AL namun mendapat sambutan yang sangat antusias dari masyarakat berbagai kalangan.Tidak hanya memberikan informasi, namun juga terdapat kuis-kuis untuk mengetahui opini dan pengetahuan masyarakat mengenai angkatan laut dan bagi siapapun yang bisa menjawab dengan benar, mereka berhak untuk mendapatkan hadiah.

Masyarakat dari berbagai kalangan seperti Lemhanas RI, Veteran RI, mahasiswa, pelajar maupun masyarakat dari berbagai daerah yang penasaran mendatangi, berinteraksi, bertanya dan swafoto dengan personal TNI AL yang hadir dengan menggunakan berbagai jenis uniform yang juga menjadi salah satu daya tarik.

Salah satu masyarakat yang meyambangi personel TNI AL adalah Peltu Rum (Purn) Nely, mantan anggota Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) angkatan ke-6 yang sebelum masa pensiunnya berdinas di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintoharjo. Dalam kesempatan tersebut Ibu Nely mengungkapkan rasa bangganya kepada para prajurit penerus TNI AL. “Saya sangat bangga dengan para prajurit penerus TNI AL yang telah mengabdikan diri untuk bangsa dan saya menghimbau kepada para generasi muda agar membaktikan dirinya bergabung di TNI Angkatan Laut untuk bersama-sama mengabdi dan menjaga kedaulatan NKRI,” ujar Ibu Nely.

Kegiatan serupa akan terus dilaksanakan agar masyarakat bisa lebih mengenal TNI AL, lebih dekat dan lebih mencintai TNI AL, sekaligus mengaplikasikan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. (Dispenal)