Danlantamal XII Dampingi Danpusnerbal Tinjau Lahan Untuk Pembangunan Lanudal Singkawang

Laporan Baim

Mempawah – Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han) mendampingi Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H., M.Tr.Opsla dalam kunjungan kerja peninjauan lahan yang akan dibangun Pangkalan Udara Angkatan Laut di Singkawang, Senin (25/07/2022)

Lahan yang sudah tersedia milik Angkatan Laut bertempat di Desa Air Merah Kelurahan Pangmilang Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat seluas kurang kebih 10 Hektar yang rencana akan dibangun Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut tipe C sebagai tahap awal dengan demikian menambah kekuatan pertahanan keamanan di Kalimantan Barat dilihat dari letak strategis yang berbatasan dengan negara Malaysia dan pengamanan Laut Natuna Utara dari ancaman yang datang dari negara luar.

“Kegiatan kunjungan ini memberikan dampak positif bagi pembangunan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut tipe C di Singkawang sebagai tahap awal, sekaligus sebagai sosialisasi terhadap media terkait keseriusan TNI AL akan mendirikan Pangkalan di Singkawang,” jelas Danpuspenerbal

“Demikian juga Lantamal XII bisa selalu memperhatikan proses pembangunan yang berjalan supaya sesuai dengan rencana dan dengan adanya Lanudal Singkawang ini dapat mendukung peningkatan Lantamal XII menjadi Komando Daerah Maritim yang dipimpin oleh seorang bintang dua atau Laksamana Muda akan cepat terwujud dan menjadi lebih kuat dalam mengamankan wilayah perbatasan dengan negara Malaysia dan pengamanan wilayah Laut Natuna Utara,” pungkas Laksda TNI Dwika Tjahja Setiawan

Rombongan Danpuspenerbal dalam peninjauan lahan yang akan direncakan untuk membangun Pangkalan Udara TNI AL Singkawang ikut juga Inspektur Puspenerbal Kolonel Laut (T) Doddy Setyo Prambudi, CFrA, Dirlambangja Puspenerbal Kolonel Laut (P) Catur Sigit, Dirrenbang Puspenerbal Kolonel Laut (P) Andri Wahyudi dan staf penerangan dan Spri.

Sementara dari Lantamal XII turut juga hadir Aslog Danlantamal XII Kolonel Laut (T) S. Imam Suroto., CTMP, Asintel Kol Marinir Yustinus R, M.Tr.Hanla., M.Tr.(Han), Kadisharkan Letkol Laut (T) M. Hamzah, S.T, Kadisfaslan Letkol Laut (T) Sri Agustiono B, S.T.

Sementara dari Pemerintahan Kota Singkawang yang juga turut hadir untuk menerima penjelasan dari Tim Puspenerbal dalam rencana pembangunan Pangkalan Udara TNI AL yang berada di Singkawang yaitu Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, S.E., M.H., dan Kasi pengembangan transportasi Dishub Bpk. V. Wiko ada juga Kasi Dinas Pekerjaan Umum Bpk. P. Yudha

Selesai peninjauan dilokasi dilanjutkan pemaparan oleh Tim dari Puspenerbal kepada Walikota Singkawang dan Staf Pemerintahan Kota Singkawang yang terkait dalam pembangunan Lanudal.

Dalam perjalanan kembali ke Pontianak rombongan Danpuspenerbal didampingi Danlantamal XII berkesempatan meninjau Pelabuhan Internasional Kijing di Mempawah sebagai salah satu sarana pendukung pembangunan ekonomi Nasional khususnya di Kalbar yang merupakan Objek Strategis Nasional.

Ksatria Jala Khatulistiwa
Dispen Lantamal XII