Sertijab Letkol Inf Paulus Pandjaitan ke Mayor Inf Doni Fransisco 

Laporan Baim

Jakarta – Letkol Inf Paulus Pandjaitan
S.H., MPICT. resmi menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Mayor Inf Doni Fransisco pada Batalyon 32 Grup 3 Kopassus. Serah Terima Janatan ini berlangsung di Lapangan Alfred Tarega Grup 3 Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022). Upacara serah terima jabatan ini berjalan tertib dan khidmat.

“Baru saja kita telah kita menyaksikan prosesi serah terima jabatan Komandan Batalyon 32 Grup 3 Kopassus. Dengan demikian, tugas, wewenang dan tanggung jawab lama, secara resmi telah beralih kepada pejabat yang baru,” ujar Komandan Grup 3 Kopassus Kolonel Inf Donny Pramono saat memberikan sambutan.

Menurut Donny, pergantian jabatan merupakan hal rutin dalam setiap organisasi militer, karena hal tersebut pada hakekatnya merupakan bagian dari upaya pengembangan dan peningkatan kinerja serta mewujudkan efektifitas organisasi dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas pokok satuan, sekaligus upaya penyegaran dalam rangka pembibaan satuan dan personel.

“Melalui serah terima jabatan ini diharapkan dapat memacu semangat dan kreativitas, sehingga melahirkan ide dan pemikiran yang lebih segar dalam rangka memberikan pengandian yang terbaik kepada Grup 3 Kopassus dan demi kamajuan satuan Kopassus yang kita cintai bersama,” katanya.

Dengan berbekal pengalaman dan dilandasi semangat pengabdian yang tinggi Donny meyakini Doni Fransisco akan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya serta mampu mewujudkan kinerja yang semakin berkualitas demi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Grup 3 Kopassus dalam rangka mendukung tugas pokok Kopassus.

Dia menjelaskan, bahwa Batalyon 32 dengan Sesanti “Apta Sandi Prayudha Utama” yang memiliki makna Kesatuan kedua dari Grup 3 Kopassus yang berisikan para prajurit Sandi Yudha yang mempu memberikan informasi yang tepat tentang musuh kepada satuan sebelum perang dimulai. Untuk mewujudkan sesanti tersebut, menurutnya, bukanlah sesuatu yang mudah, sehingga harus selalu belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan perorangan maupun kolompok.

“Oleh karenanya prajurit Sandi Yudha sudah semestinya diawaki oleh personel-personel yang dewasa dalam berpikir, bertindak, serta memiliki tingkat intelegensia tinggi, yang selalu cepat tanggap dalam menghadapi dinamika situasi yang terus berkembang,” paparnya.

Untuk mendukung proses tersebut, Donny menegaskan, diperlukan kemampuan kepemimpinan dan manajerial perwira yang memiliki integritas dan dedikasi yang dilandasi dengan semangat, tulus dan ikhlas sehingga dapat menjalankan peran dan fungsinya dalam meningkatkan kualitas pembinaan satuan.

“Selanjutnya atas integrritas dan dedikasi yang tinggi, yang telah ditunjukkan oleh mantan Danyon 32, Letkol Inf Paulus Pandjaitan, saya selaku Dangrup 3 Kopassus, beserta Grup 3 Kopassus mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan yang telah dilaksanakan dengan baik selama ini,” katanya.

“Demikian juga, kepada Ibu Novella Paulus Pandjaitan, sebagai mantan ketua Persit KCK Ranting 3 Cabang V Grup 3 Pengurus Cabang BS Kopassus, yang telah dengan setia mendampingi suaminya dalam melaksanakan fungsi Pembinaan Persit di dlingkungan Batalyon 32 Grup 3 Kopassus,” tukasnya

Pada kesempatan ini, Donny juga mengucapkan selamat bertugas kepada Mayor inf Doni Fransisco beserta istrinya yang baru saja memegang tongkat komando, yang diberikan kepercayaan oleh Satuan atas untuk memimpin Batalyon 32 Grup Kopassus serta Ketua Persit KCK Ranting 3 Cabang V Grup 3 Pengurus Cabang BS Kopassus.

Donny percaya Mayor inf Doni Fransisco dan istrinya akan mampu memimpin institusi dengan baik. Sehingga di masa akhir jabatan nanti, akan dikenang secara positif. Donny juga mengingatkan, bahwa jabatan yang disandang, merupakan amanah dari Tuhan.

“Maka dari itu selalu berbuatlah yang terbaik sehingga dengan jabatan yang saudara emban dapat memberikan kontribusi kepada Satuan. Demikain amanat saya, semoga Tuhan senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada Kopassus, Bangsa dan Negara yang kita cintai,” pungkas Donny.