Kasal : Komandan Satuan Harus Lindungi dan Jaga Kepercayaan Anak Buah

Laporan Baim

Jalesveva Jayamahe
Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan pesannya kepada para Komandan Satuan jajaran TNI AL pada Upacara Pembukaan Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AL Tahun 2022, mengatakan “sebagai komandan satuan, kalian adalah panutan, harapan, tumpuan serta andalan tempat bergantung dan berlindung anak buah. Jangan hancurkan kepercayaan mereka. Perlakukan anak buahmu layaknya anak-anakmu sendiri, niscaya mereka akan mengikutimu sampai ke liang lahat,” pesan Kasal saat upacara pembukaan AKS di Akademi Angkatan Laut (AAL), Surabaya, Jumat (26/08).

Kasal menyampaikan bahwa AKS merupakan media komunikasi yang sangat baik dan strategis dalam pembinaan TNI Angkatan Laut. Melalui forum yang dihadiri secara langsung seluruh Komandan satuan dalam jajaran TNI Angkatan Laut ini, pemimpin dapat menyampaikan kebijakan dan arahan secara langsung, sehingga dapat dipahami dan diteruskan kepada prajurit yang paling bawah.

”Dengan AKS, pemimpin juga dapat menerima masukan satuan bawah secara langsung terkait permasalahan yang dialami, sehingga akan ditemukan jalan pemecahannya. Melalui AKS pula, dapat dilaksanakan pertukaran ide, gagasan dan pemikiran antar bagian, sehingga tercipta saling pengertian dan saling percaya, dan kita dapat terhindar dari ego sektoral yang mengedepankan kepentingan masing-masing,” ujar Laksamana Yudo.

Pejabat nomor satu di jajaran TNI AL ini berharap, kegiatan AKS dapat memperkuat semangat persatuan serta meningkatkan kesadaran bahwa tanggung jawab yang dipikul bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk anak buah, organisasi, bangsa dan negara. Disamping itu juga, dipilihnya AKS yang terpusat di Akademi Angkatan Laut dengan harapan para peserta AKS dapat kembali mengingat dan meresapi nilai-nilai yang terkandung dalam Hree Dharma Shanty yang berarti Malu Berbuat Cela. “Hanya dengan malu berbuat cela, kita akan terhindar dari pikiran, ucapan dan perbuatan yang menghancurkan harkat, martabat dan kehormatan diri sendiri maupun organisasi. Sebaliknya, kita akan selalu terdorong untuk beperilaku yang terbaik, termasuk dalam menjalankan amanah sebagai Prajurit Jalasena Samudera,” harapnya.

AKS tahun 2022 yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 26 sampai 28 Agustus 2022 mengambil tema “Dilandasi Trisila TNI Angkatan Laut Kita Wujudkan Jalesveva Jayamahe” ini, diikuti peserta sebanyak 496 orang terdiri dari para pimpinan struktural TNI AL yakni Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, para Danlantamal, para Danpasmar, para Danlanal, para Komandan KRI, perwakilan Asisten tiap Kotama, serta para Komandan Satuan di lingkungan Komando Latihan, Marinir, Pusat Pendidikan dan Penerbang TNI AL. Kegiatan ini juga diikuti oleh personel TNI AL yang menduduki jabatan non struktural diluar kedinasanan TNI AL seperti Bakamla, BIN, BNPP, BNPT, BSSN, Kejagung Kemenko Polhukkam, Kemhan, Setneg, Lemhannas RI, Mabes TNI, Mahkamah Agung dan Wantanas. (Dispenal)