Sambut HUT Ke-77 TNI AL, Koarmada III Laksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022

laporan Baim

JAKARTA – TNI/ Koarmada III. Bertempat di Dermaga Pelabuhan Rakyat Kota Sorong, Panglima Koarmada/ Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.TR.Opsla yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada III (KDJA II) Ny. Yuanita Irvansyah, mengikuti pembukaan acara Gerakan Nasional Laut Bersih tahun 2022 secara virtual yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangkaian kegiatan HUT ke-77 TNI Angkatan Laut tahun 2022, dimana kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang terpusat di Tanjung Priok Kolinlamil Jakarta. Rabu (07/09/22).

Selanjutnya setelah pelaksanaan Vicon, Pangkoarmada III memimpin pelaksanaan Gerakan Nasional Laut Bersih tahun 2022 di sepanjang Pelabuhan Rakyat Kota Sorong Papua Barat, yang mana kegiatan tersebut merupakan sinergitas seluruh komponen bangsa, yang diikuti oleh 349 orang yang terdiri dari TNI/ Polri, SAR, KSOP, Bea Cukai, Dinas Lingkungan Hidup, KKP dan Poltek KKP, dan masyarakat umum Kota Sorong, serta Jalasenastri Armada III.

Adapun, pelaksaan kegiatan tersebut yang mencakup area seluas 50 hektar, didukung oleh 10 Perahu Karet baik dari TNI Angkatan Laut, Polairud Papua Barat, dan Kantor SAR Sorong dan beberapa perahu tradisional masyarakat, selain melaksanakan pembersihan sampah yang berada di tengah laut, juga dilaksanakan pembersihan di sepanjang Dermaga Pelabuhan Rakyat Kota Sorong, setelah pelaksanaan pemebersiham seluruh sampah yang terkumpul kemudian diangkut menggunakan truk menuju pembuangan akhir sampah.

Dikatakan Pangkoarmada III, Gerakan Laut Bersih tersebut mengambil tema “Membangun Kejayaan Maritim untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai bentuk kepedulian dalam aksi nyata menjaga laut bersih, meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta sinergitas dan kerja sama lintas sektor dalam penanganan sampah di laut, dan mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik agar ekosistem laut tetap lestari, dengan begitu sumber daya laut yang menjadi unggulan wisata dan potensi perekonomian masyarakat dapat terjaga.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu, Kepala Staf Koarmada III, Kapoksahli Koarmada III, Wakil Komandan Lantamal XIV, Pejabat Utama Koarmada III, dan unsur TNI/ Polri, Forkopimda Sorong, dan pengurus Daerah dan anggota Jalasenastri Armada III.

Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat