Bakamla RI Ikuti Workshop Keamanan Laut di Malaysia

Laporan Baim

Kuala Lumpur – Bakamla RI turut hadir dalam pertemuan internasional dengan tajuk “Operationalizing Maritime Cooperative Mechanisms Regional Workshop”, di Kuala Lumpur, Malaysia, Kemarin.

Kegiatan yang berlangsung sejak Senin (19/9) merupakan pertemuan yang diinisiasi oleh International Narcotics and Law Enforcement Affairs Section (INL – US Embassy), Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA), United States Coast Guard (USCG), Australian Border Force (ABF), dan Japan Coast Guard (JCG).

Menginjak hari terakhir kegiatan, dapat disimpulkan bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman negara-negara di kawasan akan pentingnya kolaborasi. Tidak hanya sinergi antar instansi terkait secara nasional, namun juga antar negara dalam rangka menangani permasalahan keamanan laut. Hal tersebut merupakan suatu keniscayaan karena isu keamanan laut bersifat multi sektoral dan multi dimensi.

Delegasi Bakamla RI yang dipimpin oleh Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Kerja Sama Kolonel Bakamla Maya Veraningsih, S.Sos., M.P.A., turut serta didampingi oleh Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Hukum Kolonel Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R. yang memaparkan tentang penyelenggaran keamanan, keselamatan dan penegakan hukum di laut. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum di Wilayah Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia.

Berdasarkan hasil diskusi, seluruh perwakilan negara yang hadir sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama regional guna menangani isu-isu keamanan laut yang menjadi perhatian bersama.

Sebelumnya, acara dibuka oleh Ketua Pengarah (Logistik) selaku Pengurusan Tertinggi MMEA VADM (M) Datuk Saiful Lizan Bin Ibrahim. Kegiatan ini pun turut dihadiri oleh delegasi perwakilan lima negara di kawasan. Selain Indonesia yang diwakili oleh Bakamla RI, Filipina yang mengirimkan perwakilan dari Philippine Coast Guard (PCG), Thailand yang diwakili oleh Thai MECC, Vietnam yang diwakili oleh Directorate of Fisheries, dan Malaysia sebagai tuan rumah.

Jajaran personel Bakamla RI yang turut hadir seperti Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Kebijakan Kolonel Bakamla Gontri Nopel, S.Pd., M.A.P., Kasubdit Penyelenggaraan Latihan Kolonel Bakamla Anang Suryanto, S.H., M.Tr.Hanla, Analis Kebijakan Ahli Muda Direktorat Strategi Mayor Bakamla Elva Susanti, S.E., M.Si (Han), dan Analis Kebijakan Ahli Muda Direktorat Kebijakan Kamla Kapten Bakamla Feri Susandi. (Humas Bakamla RI)