Pangkoarmada III Pimpin Upacara Sertijab Dua Jabatan Strategis Koarmada III

Laporan Baim

Papua Barat – TNI AL/ Koarmada III. Bertempat di Geladak Heli KRI Teluk Wondama-527 yang sedang melaksanakan Operasi Keamanan Laut di Perairan Papua Barat, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla memimpin langsung upacara serah terima jabatan Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada III dari Laksamana Pertama TNI Sigit Santoso kepada Kolonel Laut (P) Tunggul. Selasa (11/10/22).

Dalam amanatnya Pangkoarmada III mengatakan, bahwa pergantian pejabat merupakan bagian dari pembinaan personel untuk memberikan kesempatan dan peluang bagi para perwira untuk mengembangkan karier serta mengaktualisasikan kemampuannya guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik, selanjutnya diharapkan tercipta pembaruan semangat dan penyegaran pemikiran guna terus meningkatkan kualitas kinerja.

Selain itu Pangkoarmada III menegaskan, bahwa ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan kepada negara yang semakin komplek, menuntut Koarmada III khususnya Komando Pelaksana Operasi Guskamla Koarmada III untuk melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut sehari-hari untuk tujuan penegakan kedaulatan dan penegakan hukum di laut dalam rangka mendukung keberhasilan tugas Koarmada III.

Adapun kaitan dengan selesainya pelaksanaan serah terima jabatan tersebut, Laksamana Pertama TNI Sigit Santoso, selanjutnya akan menjabat sebagai Komandan Kodikopsla Kodiklatal di Surabaya, sedangkan Kolonel Laut (P) Tunggul sebelumnya menjabat sebagai Asops Pangkoarmada II di Surabaya.

Sementara sebelumnya pada tempat yang berbeda yaitu di Long Room KRI Teluk Wondama-527, Pangkoarmada III juga memimpin serah terima jabatan Asisten Potensi Maritim/ Aspotmar Pangkoarmada III dari Kolonel Marinir Daniel Kreuta kepada Kolonel Marinir Marsono, S.A.P.

Lebih lanjut setelah selesai pelaksanaan sertijab dua jabatan strategis Koarmada III di KRI Teluk Wondama-527, selanjutnya dilaksanakan acara Ramah Tamah di Loby Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat, dimana dalam sambutannya Pangkoarmada III mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Laksamana Pertama TNI Sigit Santoso dan Kolonel Marinir Daniel Kreuta, atas dedikasi serta keberhasilan yang telah dicapai dalam melaksanakan tugas sebagai Komandan Guskamla Koarmada III dan Aspotmar Pangkoarmada III.

Kemudian pada kesempatan yang sama, Pangkoarmada III juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ny Listi Sigit Santoso dan Ny Ribka Daniel Kreuta, yang telah mendukung dan mendampingi suami dalam menyelesaikan tugas-tugasnya serta keterlibatan secara aktif dalam kegiatan sebagai Ketua Cabang VI Jalasenastri Armada III, serta kepada Ny Tetty Tunggul dan Ny Siti Marsono diucapkan selamat datang dan bergabung dalam organisasi Jalasenastri Armada III.

Acara serah terima dan ramah tamah Danguskamla Koarmada III dan Aspotmar Pangkoarmada III ini berlangsung dengan tetap melaksanakan protokol Kesehatan yang dihadiri Kepala Staf Koarmada III, Ir Koarmada III, Kapoksahli Koarmada III, Komandan Lantamal XIV, Komandan Pasmar 3, para Asisten Pangkoarmada III dan Komandan Satuan serta Pengurus Jalasenastri Armada III.

Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat