KAPAL PERANG KOREA ATH-81 DAN AOE-58 TIBA DI TANJUNG PRIOK

Laporan Baim

Jakarta – Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M. Han menyambut kedatangan Kapal perang ROKS HANSANDO (ATH-81) dan ROKS DAECHEONG (AOE-58) di JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Senin(10/10/2022).

Sesuai fungsi Pangkalan kewilayahan, Lantamal III Jakarta melaksanakan tugas dengan memberikan dukungan pengamanan serta fasilitas labuh kapal-kapal asing yang akan bersandar diwilayah dengan menerapkan prosedur dan ketetapan yang berlaku di TNI Angkatan Laut dengan standar Internasional dengan mengerahkan sebagai unsur pengawalan menuju pintu masuk alur pelabuhan Tanjung Priuk KRI TOM-357 dan 2 Searider Satrol Lantamal III.

Penerimaan kapal Angkatan Laut Roks Hansando (ATH-81) jenis Helicopter Training Ship dan Roks Daecheong (AOE-58) jenis Cheonji-class fast combat support ship (AOE) ini dihadiri Dubes Republik Korea, HE. Park Tae-sung, Commander Cruise Training Task Group, RDML Kang Dong-goo dan Athan Korea, Captain (N) Lee Ju-Deok dan akan melaksanakan sandar di Jakarta selama empat hari kedepan.

“ Dengan adanya kegiatan seperti ini, TNI AL dalam hal ini Lantamal III Jakarta mendukung dengan menyediakan fasilitas labuh serta memberikan mengamankan kapal-kapal asing sesuai prosedur yang berlaku tentunya dengan standar Internasional. Ini juga merupakan salah satu upaya dalam menjalin hubungan bilateral kedua negara agar semakin erat dan dapat menciptakan rasa kebersamaan antara kedua negara,” ujar Farouq.

Turut mendampingi Wakil Danlantamal III kolonel Laut (P) Heri Prihartanto, para Asisten Danlantamal III, Danpomal, Dansatrol, Kadiskes, dan Dantim Intel Lantamal III. (penlantamal3)