Dialog Interaktif “Cegah Konflik Sosial di Babel” Hadirkan Pemateri dari Mabesad

Laporan Baim

Pangkalpinang – Binkom diikuti 150 peserta yang terdiri Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda serta Organisasi Masyarakat dan Mahasiswa. Acara berlangsung di Aula Makorem 045/Gaya, Rabu (02/11).

Dalam kegiatan tersebut digelar Sosialisasi Pembinaan Komunikasi (Binkom) dalam bentuk Dialog Interaktif peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial di seluruh Kodim jajaran Korem 045/Gaya Prov Kep.Babel.

Menghadirkan para pemateri dari kalangan pendidik (UBB), Pemerintah (Kesbangpol Kota Pangkalpinang), serta dari Jemen Intel Mabes TNI AD (Brigjen TNI Antoninho Rangel Dasilva, S.IP.,M.Han., jabatan (Waas Intel Kasad Bid Jemen Intel), dengan materi Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial.

Bringjen TNI AD Antoninho, mengatakan masyarakat Babel sangat luar biasa mengikuti kegiatan ini, dan berpandangan sangat positif, terlihat dari pertanyaan pertanyan yang bagus-bagus dan berwawasan luas,” sebutnya.

“Babel tidak ada konflik dan jarang terjadi, lebih bagus dari prov yang lain,”sebutnya.

Program ini akan terus ditingkatkan, tentunya berkolaborasi dengan pemerintah Kota/Kabupaten dan Polri, serta menjadikan Babel rumah kita dibawa bingkai NKRI,”ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Babel hanya konflik persoalan ekonomi faktor persaingan mata pencaharian, berharap adanya keterpaduan TNI/POLRI dan pemda yang bahu membahu membuat suatu program membantu masyarakat, kegiatan ini dilakukan se-Indonesia dimulai dari Bali, Babel hingga ke Wilayah Barat Indonesia.

“Bersama dengan komponen masyarakat mampu mencegah secara dini konflik apapun yang terjadi, contoh pemilu nanti berharap lancar aman terkendali, tentunya pengaruh media sosial juga sangat penting guna memberikan berita-berita yang mengedukasi seluruh komponen dan tidak boleh memunculkan kebencian satu dengan yang lain apalagi antar partai,” ungkapnya.

Ditegaskannya, TNI tidak terlibat dalam politik, namun mengawal agar pemilihan nanti berjalan aman lancar dan terkendali,”tutupnya.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Pasintel Korem 045/Gaya, Dandim 0413/Bka, Tim Mabesad letkol Arh Tengku Sony Sonetha, Kapten Cku Ignatius Bw, dan Sertu Yogy.