Polda Metro Jaya Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Korban Gempa Bumi Cianjur

Laporan Baim

Jakarta – Polda Metro Jaya (PMJ) mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Acara pelepasan bantuan kemanusiaan dipimpin langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si, di halaman Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Kamis (24/11/2022).

Dalam sambutannya, Kapolda Metro Jaya mengatakan ucapan belasungkawa atas musibah gempa bumi yang menimpa saudara kita di Cianjur pada tanggal 21 November 2022 lalu. Menurut data yang tercatat dari BNPB per tanggal 23 November 2022, sejumlah 271 orang meninggal dunia, 40 orang masih dalam tahapan pencarian, 2.043 orang terluka, dan sekitar 61.000 orang mengungsi akibat kehilangan tempat tinggal mereka.

“Dari lubuk hati yang terdalam, saya selaku Kapolda Metro Jaya turut mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh korban yang terdampak gempa bumi di Cianjur, semoga amal ibadah saudara-saudara kita yang telah berpulang ke Rahmatullah dapat diterima di sisi Allah subhanahu wa ta’ala, amin”, ujar Irjen Fadil.

Lebih lanjut, Kapolda mengatakan bahwa tidak ada manusia yang mampu menghindar dari musibah dan kita tidak akan tahu kapan musibah akan menghampiri, kita kita telah menyaksikan betapa dahsyatnya bencana itu yang menimpa saudara-saudara kita di Cianjur.

Untuk itu, kata Irjen Fadil, kita harus peka dan hadir di tengah kondisi masyarakat Cianjur, yang saat ini mereka sedang membutuhkan uluran tangan kita semua, baik dukungan secara materiil maupun moril. Saat ini saudara-saudara kita di Cianjur banyak yang membutuhkan kebutuhan pangan, sandang, tempat tinggal yang layak, hingga beberapa anggota keluarga yang masih belum ditemukan.

Dari situlah Polda Metro Jaya inisiatif untuk membantu memberikan bantuan sosial berupa bahan pokok makanan, pakaian, obat-obatan, air bersih, dan bantuan logistik lainnya. Adapun jumlah bantuan kemanusiaan Polda Metro Jaya yang telah terhimpun antara lain ada beberapa item, kurang lebih sekitar 34 item, mulai dari mie instan, minyak goreng, ada uang tunai dari rekan-rekan Polda Metro Jaya, dari hasil celengan bencana, pakaian, kemudian karpet, terpal, peralatan mandi, obat-obatan, snack, beras, susu, masker, pembalut Wanita, sendal dan kebutuhan-kebutuhan anak. Ada juga kebutuhan-kebutuhan tidur seperti selimut, sarung, mukena, dan sebagainya. “Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana gempa bumi di Cianjur,” kata Irjen Fadil.

Menurut Irjen Fadil, pemberangkatan bantuan sosial ini merupakan bentuk kepedulian atas dasar kemanusiaan dari Polda Metro Jaya untuk berbakti kepada masyarakat Indonesia meskipun Cianjur bukan dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya, namun hasrat kemanusiaan tidak akan membatasi kita untuk terus berbagi kepada sesama. Kita juga terus bekerja sama dengan Polda Jawa Barat untuk membantu percepatan pemulihan masyarakat, yang tentunya dengan semangat guyub dan gotong royong di jajaran Polda Metro Jaya.

Bantuan kemanusiaan ini merupakan hasil dari pengumpulan bantuan Polres jajaran Polda Metro Jaya, dan para dermawan-dermawan lainnya. Polda Metro Jaya juga tidak bergerak sendiri, dalam hal ini kita ikut merangkul masyarakat yang siap mengabdikan raga untuk kuat raga dan waktunya untuk menjadi relawan kemanusiaan. Tercatat sampai dengan pukul 08.22 pagi ini, total pendaftar relawan kemanusiaan siap bergerak yang masuk sejumlah 1.032 relawan, yang terdiri dari 312 tenaga Kesehatan, 689 tenaga non kesehatan, dan ada 31 orang relawan dokumentasi. Hal ini menunjukkan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Jakarta untuk ikut membantu meringankan saudara-saudara kita di Cianjur. Mari kita bergerak bersama untuk memberikan dukungan dan bantuan, serta membantu pemulihan trauma masyarakat Cianjur.

Kami berharap bantuan dari Polda Metro Jaya ini dapat meringankan beban serta bermanfaat untuk saudara-saudara kita di Cianjur. “Semoga saudara-saudara kita yang terdampak gempa bumi di Cianjur dan sekitarnya selalu diberikan Kesehatan, ketabahan, serta lekas bangkit dari luka dan luka yang lainnya,” pungkas Irjen Fadil.(Hms PMJ)