Merdeka Belajar di SMP Negeri 2 Selopampang Temanggung Sajikan Gelar Karya P5 Tema Kearifan Lokal

Laporan Redaksi

Temanggung, Pos Berita Nasional,Unjuk kreasi siswa hasil pembelajaran Kurikulum Merdeka dipadukan dengan Upacara Pengibaran Bendera HUT PGRI dan Hari Guru Nasional di SMP Negeri 2 Selopampang Temanggung, Jawa Tengah. Usai upacara dilanjutkan dengan Pembukaan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Sabtu 26 November 2022.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema 2 Kearifan Lokal di SMP Negeri 2 Selopampang diwujudkan dalam pengembangan batik jumputan dengan pola spesifik daun kopi dan daun tembakau.


Ketua Proyek P5 SMP Negeri 2 Selopampang Kusmanto menjelaskan, selain Batik Jumput, pelajar juga membuat Batik Lipat gaya bebas dan Batik Cap memanfaatkan dedaunan dari lingkungan sekitar, seperti daun sawo, daun ketela, daun mangga dan daun cemara.
“Karya Batik Jumputan oleh siswa ini akan berkelanjutan pada tema berikutnya terkait pemberdayaan ekonominya sehingga Batik Jumputan ini akan diproduksi pada Gelar Karya P5 berikutnya”, tandas Kusmanto.
Pembukaan Gelar Karya P5 dilakukan oleh Camat Selopampang, didampingi Kapolsek dan Danramil Selopampang, Komite Sekolah, para Kepala Sekolah SD dan SMP se Kecamatan Selopampang dan Pengurus PGRI Kecamatan Selopampang.

Camat Selopampang Budiyanto memberikan apresiasi atas kreativitas guru dan siswa dalam rangka mewujudkan Pelajar Pancasila melalui pelestarian Batik Temanggung.
Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Selopampang Agus Sugiyanto mengatakan, pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila meliputi 8 tema yang akan dilaksanakan selama 3 tahun mulai kelas 7.

“P 5 di SMP Negeri 2 Selopampang dilaksanakan kelas 7 sebanyak 4 kelas dengan Tema 1 Semester 1 Gaya Hidup Berkelanjutan dengan kegiatan Pengelolaan Sampah, salah satu produk adalah kompos. Nah hari ini gelar Tema 2 Batik dimana kedepannya juga akan memproduksi Batik Temanggung”, ujarnya.
Kurikulum Merdeka yang digelorakan Kemendikbudristek Republik Indonesia, memacu sekolah SMP Negeri 2 Selopampang Temanggung untuk membangun karakter siswa sesuai Profil Pelajaran Pancasila melalui berbagai inovasi karya siswa dalam Kurikulum Merdeka.

Tujuan kegiatan P5 untuk peserta didik adalah melaksanakan program dari pemerintah, juga menggali informasi, menumbuhkan kreativitas, menggali potensi-potensi peserta didik guna membuktikan secara bebas, merdeka serta mengaktualisasikan dan juga mengimplementasikan sampai dengan sebuah karya sesuai dengan penerapan P5.

Tujuan berikutnya mendapatkan pembelajaran lintas disiplin ilmu, untuk dapat mengamati dan memikirkan solusi terhadap sebuah permasalahan di lingkungan sekitar.
Sedangkan pada program Ekonomi dan Kewirausahaan, kepala SMP Negeri 2 Selopampang Temanggung juga melibatkan Komite Sekolah dalam rangka menggerakkan para orang tua siswa agar mendukung kegiatan anak nya untuk berkarya dan berinovasi. (Sumber : Budhy HP Citizen Journalist)