Kakanwil Kemenkumham Babel Apresiasi Pencanangan Lapas Bersinar di Lapas Pangkalpinang

Laporan Baim

Pangkalpinang – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto hadiri kegiatan Pencanangan Lapas Bersinar (Bersih dari Narkoba) oleh Lapas Kelas IIA Pangkalpinang yang digelar pada Rabu, (11/01/2023).

Kakanwil menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Lapas Kelas IIA Pangkalpinang yang telah melakukan pencanangan dan kepada Kepala BNNP beserta jajaran yang telah hadir meresmikan Pencanangan Lapas Bersinar.

“Pencanangan Lapas Bersinar ini merupakan aksi nyata dari Lapas Kelas IIA Pangkalpinang dalam upaya memerangi peredaran dan penggunaan narkoba di dalam Lapas,” ujar Harun.

Lebih lanjut, Harun mengatakan bahwa tugas pemasyarakatan yaitu mengupayakan agar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dapat menyadari kesalahannya lalu dapat memperbaiki dirinya, sehingga menjadi insan yang berguna bagi masyarakat dan negara.

Kakanwil juga mengingatkan jajaran agar dapat menghindari timbulnya pemberitaan negatif seperti peredaran gelap narkoba dan penggunaan HP secara ilegal di dalam Lapas, serta menekankan untuk menghindari praktik pungli di dalam Lapas.

Turut menyampaikan sambutannya, Kepala BNNP Babel, Brigjen. Pol. M.Z Muttaqien menyampaikan hasil survei BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), BPS (Badan Pusat Statistik) dan Perguruan Tinggi yang menyebutkan bahwa angka pengguna narkoba di Provinsi Babel saat ini sebesar 1,68% atau sebanyak 24.038 orang.

Kepala BNNP Babel juga mengatakan dalam penanganan perkara narkoba sudah dilakukan upaya restorative justice untuk mengurangi overcrowded di dalam Lapas. “Negara hadir tidak hanya untuk memidanakan, namun juga memulihkan kondisi para pecandu, penyalahguna, dan korban penyalahguna narkotika,” ujar Ka BNNP Babel.

Terakhir, Ka BNNP mengapresiasi kegiatan Pencanangan Lapas Bersinar di Lapas Kelas IIA Pangkalpinang sebagai bentuk quick respon dalam implementasi Instruksi Presiden No.2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika).

Pada kesempatan ini juga dilakukan pengukuhan Satgas Bersinar secara simbolis terhadap 10 pegawai Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, yang diawali dengan pembacaan Ikrar Satgas Bersinar, penyematan pin dan topi, lalu dilanjutkan dengan penandatanganan piagam satgas bersinar.

Adapun Ikrar Satgas Bersinar tersebut yaitu:

  1. Siap memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba;
  2. Memberikan edukasi kepada sesama tentang bahaya narkoba;
  3. Menjadi pelopr dalam kegiatan melawan narkoba.

Pencanangan Lapas Bersinar tersebut turut dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sahata Marlen Situngkir, Kepala Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, Badarudin, Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono, para Pejabat Struktural dan pegawai di Kanwil dan Lapas, serta jajaran BNNP Babel.

Humas Kanwil Kemenkumham Babel