SAMBIL BERLAYAR, PANGKOARMADA III ROTASI PIMPINAN GUSPURLA KOARMADA III DI PERAIRAN SORONG DENGAN PENGAWALAN KRI SATSUIT TUBUN – 356

Laporan Baim

Sorong – Pemegang tongkat komando Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada III resmi berganti, Panglima Koarmada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda (Laksda) TNI Agus Hariadi, M. han, resmi melantik Kolonel Laut (P) Mochammad Riza, S.E., M.Tr. Opsla., CRM menjadi Komandan Guspurla (Danguspurla) Koarmada III menggantikan Laksamana Pertama TNI Ashari Alamsyah, CHRMP, dalam suatu upacara serah terima jabatan yang dilaksanakan di Perairan Sorong, Papua Barat Daya. (Senin, 06/02/23).

Menariknya, pergantian ini dilaksanakan melalui upacara Serah Terima Jabatan di atas KRI Teluk Weda-526 yang sedang berlayar di Perairan Sorong, dimana Kapal Markas Guspurla Koarmada III yaitu KRI Karel Satsuit Tubun – 356 jenis kapal Frigate yang sedang BKO Guspurla Koarmada III juga diturunkan untuk mengawal jalannya pergantian tongkat Komado Danguspurla Koarmada III.

Dikatakan Pangkoarmada III dalam amanatnya, bahwa serah terima jabatan di lingkungan TNI AL merupakan bagian dari pembinaan personel untuk memberikan kesempatan dan peluang serta regenerasi kepemimpinan bagi para perwira terpilih atas dedikasi, kapabilitas dan loyalitasnya selama berdinas serta aktualisasi kemampuan serta ide-ide kreatif yang baru guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik.

Lebih dari itu, pengisian jabatan ini diharapkan dapat menciptakan semangat baru dan memantapkan manajemen organisasi di lingkungan Koarmada III sehingga mampu menjawab tantangan tugas-tugas yang semakin berat dihadapkan pada dinamika lingkungan serta keterbatasan personel.

Guspurla Koarmada III merupakan Komando Pelaksana Operasi di bawah Pangkoarmada III, yang bertugas melaksanakan dan menyelenggarakan operasi tempur laut dan operasi amfibi, baik untuk mendukung pengendalian laut maupun untuk mencapai tujuan-tujuan strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di wilayah laut Koarmada III.

Pada kesempatan lain Pangkoarmada III atas nama pribadi serta segenap jajaran Koarmada III juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat yang lama yang telah melaksanakan pengabdianya dan tugasnya dengan baik, semoga lebih sukses dan lebih berprestasi ditempat penugasan berikutnya, dan kepada pejabat baru diucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan pemimpin TNI Angkatan Laut, berbekal pengalaman penugasan sebelumnya, diharapkan akan mampu mengemban tugas ini dengan baik, pungkasnya.

Kadispen Koarmada III / Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat.