Wisuda ke-XXVII UBB Lahirkan 337 Wisudawan, Prof Ibrahim: Terus Belajar Dimanapun

Laporan Baim,Iw

Merawang – Universitas Bangka Belitung (UBB) resmi menggelar acara wisuda ke-XXVII, dibuka langsung oleh ketua senat UBB Dr. Devi Valeriani, S.E., M.Si., bertempat di halaman gedung rektorat UBB. Rabu (15/03).

Wisudawan/i dihadiri kurang lebih 337 orang tediri dari Fakultas Teknik 84 orang, Fakultas Ekonomi (FE) 91wisudawan, Fakultas Hukum (FH) 16 wisudawan, Fakultas Pertanian, Perikanan, Biologi (FPBB) 101 wisudawan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 45 wisudawan.

Rektor UBB Prof.Dr. Ibrahim, M.Si., dalam sambutanya menyampaikan, para wisudawan yang berjumlah 337 hari ini resmi kembali ke orang tua dan lingkungan keluarga yang insha Allah menjadi insan dan pribadi yang berguna bagi bangsa dan negara.

“Ada aktifitas panjang yang sudah dilewati oleh para wisudawan selama masa kuliah dan hari ini resmi telah di wisuda kemudian mendapatkan ijazah yang akan menjadi figur-figur berguna di tengah masyarakat nantinya,” Kata Prof Ibrahim.

Perlunya langkah adaptif dalam dunia yang semakin kompleks ini, karena setiap lingkungan dan pengalaman adalah guru bagi kita.

“Mengajak para wisudawan untuk aktif dan kreratif serta terus belajar dimanapun, kapanpun, dan berapapun usia anda. Kelak ketika anak-anak terjun ke dunia yang luas mungkin tidak seindah yang anda bayangkan dan ketika lingkungan berubah, maka anda dituntut untuk menyesuaikan diri,” ujar Professor bidang ilmu politik tersebut.

Menurutnya, dunia mahasiswa adalah dunia simulasi ketika kita bersiap untuk memasuki dunia yang sebenarnya. Di dunia kampus anda akan dinilai saat ujian dan di tengah-tengah masyarakat anda akan medapatkan nilai ketika lolos dari ujian.

Jangan bermimpi bahwa anda tidak di uji ketika berada di masyarakat. Kenyataannya bahwa dunia luar adalah dunia ujian yang sebenarnya. Pesan kami, teruslah menjadi pribadi yang optimis, berteman dengan orang-orang yang optimis dan hindari bergaul dengan orang-orang yang pesimis.

Jika hari-harimu penuh dengan rebahan, Gadget dan menonton di handphone anda, maka hati-hati itu adalah zona nyaman.

“Jika engkau selalu mengerjakan hal yang mudah-mudah, jangan bermimpi untuk mendapatkan hal-hal yang istimewa. Berenti menyamankan masa muda anda agar tidak sengsara di masa tua,” ungkapnya.

Selain itu, pada acara wisuda kali ini juga diberikan penghargaan kepada mahasiswa terbaik dari setiap program studi. Salah satu mahasiswa terbaik tersebut adalah Dianti Aviliani yang menjadi perwakilan mahasiswa dalam memberikan sambutan menyampaikan, perjuangan belumlah selesai. Namun, ini adalah langkah awal menuju dunia sebenarnya.

“kehidupan pasca kampus bukanlah sekedar mencari pangkat yang tinggi, gaji yang besar atau sekedar bentuk keduniawian lainnya. Namun kenyataannya adalah bahwa seberapa bisa kita memberika kebermanfaatan kepada orang lain,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, tidak ada orang yang lulus hari ini tanpa bersingungang dengan orang lain. Pastinya setiap orang mempunyai perannya masing-masing dalam proses perjalanan selama kuliah ini.

“Tidak ada yang lepas dari kontribusi setiap orang dengan peran yang berbeda-beda,” pungkasnya (Hms UBB)