Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn., Resmi Jabat Dirkumad, Ini Profilnya

Laporan Baim

Jakarta – Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma yang saat ini resmi menjabat sebagai Direktur Hukum TNI AD (Dirkumad), menggantikan Brigjen TNI Tetty Melina Lubis, S.H., M.H., yang merupakan pejabat sebelumnya.

Jabatan baru tersebut resmi diembannya setelah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin serah terima jabatan (sertijab) di lingkungan TNI AD. Saat itu Sertijab dilaksanakan di Aula AH Nasution, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat 28 April 2023 lalu.

Berikut profil Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn., lahir di Sumedang pada tanggal 18 April 1974. Ia menamatkan pendidikan sekolah dasar pada tahun 1987 di SD Negeri Sayang yang berada di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Setelah itu melanjutkan pendidikan sekolah menengah pertama di SMPN 1 Cikeruh Sumedang dan lulus pada tahun 1990. Pendidikan jenjang menengah atas ditempuh di SMA Negeri 1 Sumedang Jawa Barat dan lulus pada tahun 1993.

Sebagai Seorang Militer, Ia telah menempuh berbagai pendidikan pengembangan umum di TNI AD diantaranya sebagai Taruna Akademi Militer Magelang yang ditempuh selama tiga setengah tahun sehingga lulus dan dilantik menjadi seorang Perwira TNI berpangkat Letnan Dua Infanteri pada tahun 1996, mengikuti Sussarcab Infanteri tahun 1997, kemudian menempuh Diklapa II Hukum lulus pada tahun 2011 dan pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) lulus pada tahun 2015.

Selain pendidikan pengembangan umum, Dr. Ateng Karsoma juga telah menempuh berbagai pendidikan pengembangan spesialisasi diantaranya latihan dasar pasukan udara (Latsar Para) lulus pada tahun 1996, kemudian mengikuti Kursus Intensif Bahas Inggris (KIBI) TNI AD lulus pada tahun 1997, mengikuti Kursus Combat Intel lulus tahun 1997, mengikuti Kursus Perwira Bantuan Hukum Pidana lulus pada tahun 2009, selanjutnya mengikuti kursus jabatan Oditur Militer (Susjabormil) lulus pada tahun 2016.

Jenjang pendidikan Sarjana ditempuh Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn. di Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) Jakarta pada tahun 2004 dan lulus pada tahun 2008, kemudian menempuh pendidikan Pasca Sarjana konsentrasi Magister Kenotariatan di Universitas Jayabaya Jakarta lulus pada tahun 2014, selanjutnya pendidikan Doktoral diselesaikan di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung lulus pada tahun 2020. Dari semua rangkaian Pendidikan yang pernah ditempuh, hampir seluruhnya diselesaikan dengan predikat terbaik.

Selama menjadi Perwira Pertama TNI AD, Ia telah menghabiskan sebagian waktunya di medan operasi diantaranya Operasi Rajawali Aceh Tahun 1998 dan Operasi Mengatasi Konflik Horisontal Ambon Tahun 2000. Mungkin karena diilhami oleh penugasan operasi yang dialaminya inilah yang menjadikannya menjadi Seorang Perwira Hukum yang selalu menyuarakan slogan “Penegakan Hukum Secara Profesional tidak hanya menghakimi tetapi juga melindungi Prajurit di lapangan”.

Dr. Ateng Karsoma juga adalah sosok Prajurit yang sangat konsisten dengan dunia akademis. Mengenai hal ini dapat diamati dari pemikirannya mengenai pengetahuan hukum yang dikemas dalam beberapa buku yang sebagian telah diterbitkan diantaranya Buku dengan Judul “Perlindungan Hukum Hak Paten Alpahankam” dan Buku “Hukum Operasional”. Selain melalui Buku, beberapa pemikiran Dr. Ateng Karsoma juga telah diterbitkan melalui Jurnal Internasional. Selain itu, lewat pemikirannya, Dr. Ateng Karsoma juga ikut membidani lahirnya Organisasi Jaksa Agung Muda Pidana Militer yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan Republik Indonesia.

Beberapa jabatan penting di Lingkungan TNI yang pernah diemban dimulai dari Pengasuh Akademi Militer, Danton, Danki dan Pasiops Yonif 141/AYJP, Kepala Seksi di Hukum Kostrad, Dansatdik Pusdikkum Kodiklatad, Kabagbinsat Subditbincab Ditkumad, Kasubdiskumkus Disbanhatkum Babinkum TNI, Kabidkuminterham Babinkum TNI, Kabidgakkum Babinkum TNI, Oditur Militer Tinggi, Waka Otmilti IV Makassar Babinkum TNI, Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer dan diusianya yang ke-49 Tahun, berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/338/III/2023 tanggal 29 Maret 2023, Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, diberikan amanah dan kepercayaan untuk mengemban tugas sebagai Direktur Hukum TNI Angkatan Darat yang ke-29.

Atas pengabdian dan kesetiaannya dalam berdinas di Lingkungan TNI, Negara memberikan penghargaan berupa Satyalencana Dharma Nusa, Satyalencana Kesetiaan VIII Tahun, XVI Tahun, XXIV Tahun, Satyalencana Bintang Kartika Eka Paksi Nararya dan Satyalencana Dwidya Sista.

Dari pernikahannya dengan Imas Widiawati, S.Kes, Ia telah dikaruniai 3 (tiga) Orang Putri yaitu Radhwa Kharissa Kusuma Nannda, Ratna Yustisia Realova, Dan Raqila Zahra Kirana. Baginya keluarga adalah sumber kekuatan dan kebahagiaan. Karena itu ia selalu memegang teguh prinsip: “Strong TNI starts from home, TNI Kuat berawal dari rumah”.