Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat Berlatih Jungle Survival

Laporan Baim

Sukabumi – Usai melaksanaka latihan Patroli Hutan atau Jungle Survival, para prajurit Korps Marinir TNI AL dan prajurit United States Marine Corps (USMC) dari The U.S. Marine Corps Forces, Pacific (Marforpac) mendapatkan materi latihan berikutnya yaitu Jungle Survival atau cara bertahan hidup di hutan pada Latma Keris Marex Tahun 2023 yang digelar di Puslatpurmar 6 Antralina, Jampang Tengah, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023).

Jungle Survival merupakan ilmu bertahan hidup dalam keadaan darurat dengan memanfaatkan alam sekitar. Kegiatan diawali dengan pemberian materi tentang sumber daya alam apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk bertahan hidup, serta cara mengolahnya di hutan yang disampaikan oleh para pelatih Korps Marinir TNI AL.

Setelah pemberian materi, kegiatan dilanjutkan dengan memperkenalkan berbagai jenis tanaman hutan yang bisa dimakan secara langsung dan yang tidak bisa dimakan serta mempraktikkan secara langsung cara menangkap dan memasak sejumlah binatang buas, seperti ular.

Para Korps Marinir dari US Marforpac cukup antusias dalam mengikuti materi latihan yang diberikan. Meski awalnya mereka terlihat ragu untuk mencobanya, namun akhirnya bisa mencoba mengolah dan memakan makanan yang telah mereka dapatkan di hutan Sukabumi.

“Dengan latihan Jungle Survival ini diharapkan para peserta Latma Keris Marex Tahun 2023 ini dapat mengetahui┬átata cara bertahan hidup di hutan dengan berbagai jenis tanaman hutan dan binatan yang bisa dimakan secara langsung dan yang tidak bisa dimakan,” jelas Letkol Marinir Arief Bastian Sanusi Chaniago selaku Dansatgas Latma Keris Marex Tahun 2023.