Irup Kasal, Danpuspenerbal Hadiri Peringatan Puncak Hari Armada di Pondok Dayung

Laporan Baim

Jakarta – Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Sisyani Jaffar didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal, Ny. Vivi Sisyani Jaffar menghadiri peringatan Hari Armada Republik Indonesia di Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Selasa (5/12/2023).

Upacara yang mengusung tema “Armada RI membangun kekuatan laut Nusantara menuju Indonesia maju” tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali selaku Inspektur Upacara

Usai upacara Kasal mengatakan bahwa peringatan Hari Armada kali ini dipusatkan di Jakarta.

“Hari Armada kali ini dipusatkan memang di Jakarta, jadi sebagai panitia adalah Armada RI di mana para panglimanya juga berkumpul di sini dari Panglima Armada I, II, dan III,” ujar Kasal.

Dalam Upacara peringatan Hari Armada Tahun 2023 ini, dilaksanakan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Kesetiaan, Penganugerahan Kenaikan Pangkat Luar Biasa dan Penganugerahan Bendera Artileri kepada Prajurit dan KRI Berprestasi.

Selain itu juga menampilkan defile dan demonstrasi kecakapan prajurit TNI AL berupa atraksi pesawat serta hiburan pentas kesenian tradisional Indonesia Reog Ponorogo dan tarian tradisional yang mewakili Armada RI, Armada I, II dan III.

Rajawali Laut Flight (RaLF) yang merupakan tim demo udara kebanggaan Wing Udara 2 Puspenerbal yang beroperasi di bawah Skuadron Udara 200 dengan menggunakan Pesawat Udara (Pesud) Beechcraft Bonanza G-36 tampil mengesankan di langit Jakarta.

Begitu pula demo demo tadi dilaksanakan adalah gabungan, kemudian seni budaya yang ditampilkan dalam melaksanakan hiburan juga gabungan dari Armada I, II, dan III,” tuturnya.

Sebagai informasi, saat ini Panglima Komando Armada (Pangkorarmada) RI dijabat oleh Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, Koarmada RI yang berkedudukan di Jakarta.

Koarmada RI membawahi tiga Armada bernomor yaitu Koarmada I yang berkedudukan di Tanjung Piang dijabat oleh Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono sebagai Pangkoarmada I, Koarmada II yang berkedudukan di Surabaya dijabat Laksda TNI Yayan Sofiyan sebagai Pangkoamada II.

Sedangkan Koarmada III yang berkedudukan di Sorong dijabat oleh Laksamana Muda TNI Hersan sebagai Pangkoarmada III.