Komandan Kodikopsla Kodiklatal Tutup Dikmapa PK XXVI Tahap Kematraan

Laporan Jurnalis Ibrahim

Posberitanasional.com, 5/9/19, Kodiklatal-Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han), secara resmi menutup Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-26 Tahun 20197 tahap Kematraan.

Penutupan pendidikan yang dilaksanakan di gedung Betle Geuse Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal tersebut diikuti 40 siswa yang terdiri dari 2 orang siswa Pusdiktek,7 orang siswa pusdiklek, 19 orang siswa Pusdikbanmin dan 12 orang siswa Pusdikkes.

Komandan Kodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han), dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para siswa atas keberhasilan menyelesaikan pendidikan, dengan harapan keberhasilan ini akan mampu meningkatkan motivasi, dedikasi dan loyalitas serta profesionalisme dalam pengabdian kepada TNI AL melalui bidang dan tugas masing-masing.

Lebih lanjut disampaikan, program pendidikan dasar golongan tahap kematraan yang telah didapatkan para siswa, merupakan pendalaman profesi, sebagai perwira korps teknik, koprs suplay, korps khusus dan korps kesehatan prajurit Matra Laut yang nantinya dapat di implementasikan dalam melaksanakan tugas sebagai perwira jaga pendirat.

Dalam mengawaki organisasi TNI Angkatan Laut, diharapkan sebagai perwira memiliki kemauan keras dan kreatifitas serta daya inovasi yang tinggi untuk maju dalam mengemban setiap tugas yang diberikan para perwira merupakan pemegang komando, dengan lingkup kewenangan tertentu sehingga dituntut untuk mampu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan TNI secara utuh. Sedangkan dari aspek manajerial, perwira adalah pengelola manajemen yang dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mambuat perencanaan, mengorganisir dan mengendalikan suatu kegiatan dengan baik.