Kasal Pimpin Sertijab 2 Jabatan Stratrgis Di Mabesal

Laporan jurnalis Ibrahim

Posberitanasioanl.com, 20/9/10/9, Jakarta-Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) dua jabatan strategis di jajaran TNI AL yaitu Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) dari pejabat lama Laksamana Pertama TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP., kepada pejabat baru Laksamana Pertama TNI drg. R.A. Nora Lelyana, M.H.Kes., F.I.C.D., serta Komandan Detasemen Markas, Markas Besar Angkatan Laut (Dandenma Mabesal) dari pejabat lama Kolonel Laut (P) Kunto Tjahjono, S.E., kepada pejabat baru Kolonel Marinir Umar Farouq, S.A.P., di Gedung Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (20/9).

Dalam amanatnya Kasal antara lain mengatakan bahwa TNI Angkatan Laut akan terus berbenah dan membangun kekuatan yang sejalan sengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan sumber daya manusia sebagai pondasinya. Titik tumpu pembangunan nasional yang bersandar pada sumber daya manusia ini merupakan komitmen pemerintah yang disampaikan pada perayaan ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia beberapa waktu lalu, yaitu menciptakan “SDM Unggul Indonesia Maju”.

“Diswatpersal sesuai dengan fungsinya telah melakukan upaya terhadap perawatan personel TNI AL pembinaan mental dan moril prajurit, kesejahteraan, jasmani, keselamatan kerja hingga pembinaan terhadap purnawirawan TNI AL. Sementara itu, Denma Mabesal memiliki kemarkasan, yaitu penegakan disiplin dan tata tertib, pengamanan aset, pemeliharaan lingkungan serta penyelenggaraan kegiatan protokoler di lingkungan Mabesal”, ungkap Kasal.

Pejabat baru Kadiswatpersal Laksamana Pertama TNI drg. R.A. Nora Lelyana, M.H.Kes., F.I.C.D sebelumnya menjabat di Staf Khusus Kasal, sedangkan pejabat Kadiswatpersal lama Laksamana Pertama TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP selanjutnya menjabat Direktur Umum di Kodiklatal, Surabaya. Sedangkan pejabat baru Dandenma Mabesal, Kolonel Marinir Umar Farouq, S.A.P., sebelumnya menjabat sebagai Paban V Bakti TNI AL Spotmar Mabesal, dan pejabat lama Kolonel Laut (P) Kunto Tjahjono, S.E., selanjutnya akan menempati jabatan yang baru sebagai Kepala Staf Guskamla Koarmada I.

Mengakhiri amanatnya Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., atas nama seluruh jajaran TNI AL, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas segala upaya dan kerja keras yang telah dilakukan selama ini oleh para pejabat lama.

“Saya juga mengucapkan selamat atas jabatan yang baru kepada Laksamana Pertama TNI Nora Lelyana M.H.Kes., F.I.C.D sebagai Kadiswatpersal dan Kolonel Marinir Umar Farouq, S.A.P., sebagai Dandenma Mabesal. Jabatan yang diemban pada hakikatnya merupakan amanah sekaligus penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah melalui TNI AL”, tandas Kasal.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Chici Wuspo Lukito, para Asisten Kasal, para Pangkotama TNI Angkatan Laut, para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal, dan pejabat terkait lainnya.

Dinas Penerangan Angkatan Laut.